Pengaruh Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Indofarma Tbk. Periode 2011-2020

Nur Ihsan Maulana, Muhammad (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Indofarma Tbk. Periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Return On Assets (ROA) ini gunanya untuk mengetahui keefektifan perusahaan dalam memakai sumber dayanya. Semakin naik tingkat ROA maka semakin baik perusahan mendapatkan keuntungannya. Faktor yang mempengaruhi Return On Assets (ROA) adalah Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) terhadap Return On Assets (ROA) baik secara parsial maupun simultan pada PT. Indofarma Tbk. Periode 2011-2020. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada teori menurut para ahli maupun menurut peneliti terdahulu yang menyatakan bahwa Current Ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap Return On Assets (ROA) sedangkan Inventory Turnover (ITO) berpengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data penelitian yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan (Annual Report) yang dipublikasi pada website resmi PT. Indofarma periode 2011-2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesatisitas dan uji autokorelasi. Lalu analisis kuantitatif meliputi analisis regresi berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (Uji T dan Uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) yang dibuktikan dari besar nilai koefisien determinasi sebesar 53,3%. Pada variabel Inventory Turnover (ITO) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 2,75%. Kemudian secara simultan, Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 53,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Inventory Turnover (ITO); Return On Assets (ROA)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Nur Ihsan Maulana
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:49
Last Modified: 12 Sep 2022 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56385

Actions (login required)

View Item View Item