Manajemen pembiayaan pondok pesantren pengaruhnya terhadap kinerja tenaga pendidik dan mutu layanan pendidikan : Penelitian di pondok pesantren se-kecamatan Ciater Subang

Mulyawati, Rima (2022) Manajemen pembiayaan pondok pesantren pengaruhnya terhadap kinerja tenaga pendidik dan mutu layanan pendidikan : Penelitian di pondok pesantren se-kecamatan Ciater Subang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakagi bahwa dalam Pondok pesantren tidak terlepas dari manajemen pembiayaan yang dibutuhkan untuk operasional pondok mulai dari penggajian tenaga pendidik, TU sampai menambah atau memperbaiki fasilitas pondok pesantren guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pondok itu sendiri, serta untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan pondok yang lain. Manajemen pembiayaan diperlukan Sebagai pembeda antara pondok pesantren tradisional dengan pondok pesantren yang sudah mengikuti perkembangan zaman. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana hubungan pembiayaan pondok pesantren dengan kinerja tenaga pendidik dan mutu layanan pendidikan di Pondok Pesantren se-kecamatan Ciater kabupaten Subang. Kerangka berpikir dalam penelitiani ini mengacu pada pendapatnya GR Terry, bahwa manajemen merupakan suatu proses yang meliputi perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, dan pengendalian yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan sebelumnya melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif korelatif. Penelitian ini dilakukan dengan angket dan hasil tes pada 35 guru sebagai responden di Pondok Pesantren se-kecamatan Ciater Subang , Sedangkan untuk pengolahan serta penganalisaan datanya dengan teknik penganalisaan statistik SPSS V. 25. Hasil penelitian, menunjukkan, 1) Manajemen pembiayaan di tiga pondok pesantren secara umum dilakukan setiap menjelang tahun ajaran baru, dimana perencanaan itu dilakukan secara musyawarah semua pengurus pondok pesantren, 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan linier dengan nilai Sig. (2-tailed) antara variabel pembiayaan dengan variabel kinerja tenaga pendidik sebesar 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan korelasi yang signifikan 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan linier dengan nilai Sig. (2-tailed) antara variabel pembiayaan dengan mutu layanan pendidikan ini sebesar 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan korelasi yang signifikan 4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pengujian korelasi antara variabel pembiayaan (X) dengan kinerja tenaga pendidik (Y1) dan mutu layanan pendidikan (Y2) secara simultan dengan nilai Correlations 0,000 <0,05 dan nilai regresinya Sedangkan nilai regresinya X= 7.934 b0 + 0, 308 Y1 + 0, .636 Y2. Sedangkan (kontribusi) Y1 dan y2 terhadap X dilihat dari sumbangan (kontribusi) Y1 dan Y2 terhadap X dilihat dari R = 0,915 dan koefisien determinasi (R Square) = 0,922 termasuk pada kategori sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa pembiayaan dipengaruhi sebesar 92,2% oleh kinerja tenaga pendidik dan mutu layanan pendidikan secara bersama-sama, sedangkan sisanya (100% - 92,2 % = 7,8 %) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menejemen; Pembiayaan; Kinerja; Mutu layanan
Subjects: Education, Research
Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rima Mulyawati
Date Deposited: 12 Sep 2022 12:42
Last Modified: 12 Sep 2022 12:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56363

Actions (login required)

View Item View Item