Pengaruh Muhasabah terhadap kecerdasan Intrapersonal narapidana kasus narkoba usia dewasa madya : Studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika kelas IIA Bandung

Hanun, Iffa Nabila (2022) Pengaruh Muhasabah terhadap kecerdasan Intrapersonal narapidana kasus narkoba usia dewasa madya : Studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika kelas IIA Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi dewasa semakin meningkat. Usia madya adalah usia masa masa sulit, karena terjadi beberapa perubahan keadaan, seperti menurunnya fisik serta daya ingat, menurunnya kesuksesan, semakin beratnya beban keuangan, tekanan keluarga dan kewajiban. Penggunaan narkoba dalam dirinya akan membawa dampak yang buruk baik jasmani atau rohani. Tujuan dari Muhasabah dan kecerdasan intrapersonal ini berfungsi agar seseorang lebih memahami dirinya, lebih mendekatkan diri seseorang kepada sang pencipta agar seseorang itu lebih memahami, menghargai dirinya sendiri, mengenali sifat baik buruknya, memahami kehidupan emosional, dapat memahami emosi-emosi diri sendiri dan orang lain, dan memecahkan berbagai persoalan yang di hadapi dan agar mereka sadar atas kesalahan dalam penggunaan obat terlarang bahkan berbahaya ini akan berdampak pada dirinya, dan tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari. Metode penelitian yang di gunakan adalah kunatitatif dengan pendekatan asosiatif, pengumpulan data ini menggunakan teknik angket atau kesioner, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: faktor penyebab penggunaan narkoba pada narapidana kasus narkoba usia dewasa madya di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika kelas IIA Bandung adalah karena faktor teman sebaya dan komunitas yang membawa mereka untuk menggunakannya, dan rata rata narapidana yang memakai narkoba, mereka juga memperjual-belikannya. Dapat diketahui beberapa narapidana yang setuju menunjukkan bahwa mereka melakukan aspek-aspek dalam kecerdasan intrapersonal dan muhasabah. Pengaruh muhasabah terhadap kecerdasan intrapersonal Narapidana Kasus Narkoba Usia Dewasa Madya di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bandung berdasarkan hasil perhitungan dan analisis dalam uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel Muhasabah (X) memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kecerdasan intrapersonal dengan nilai 38,2% Korelasi atau hubungan yang di peroleh yaitu sebesar 0,618 yang artinya memiliki hubungan yang erat atau kuat. Ini bermakna semakin melakukan muhasabah maka akan semakin tinggi atau baik pula peningkatan kecerdasan intrapersonal narapidana. Saran bagi Narapidana dan lembaga Pemasyarakatan, harus melakukan kegiatan muhasabah sehingga narapidana mampu mengevaluasi dirinya agar kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal yang dimiliki. Bagi akademis, diharapkan penelitian ini bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa yang melakukan penelitian selanjutnya.dan menggunakan teori teori yang baru, dan lebih di kembangkan kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Muhasabah; Kecerdasan Intrapersonal; Narapidana; Dewasa Madya;
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Iffa Nabila Hanun
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:46
Last Modified: 12 Sep 2022 05:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56361

Actions (login required)

View Item View Item