Efektivitas pendayagunaan dana zakat produktif dalam pemberdayaan ekonomi mustahik di lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bandung Barat

Andriansyah, Muhammad (2022) Efektivitas pendayagunaan dana zakat produktif dalam pemberdayaan ekonomi mustahik di lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Kabupaten bandung barat mempunyai potensi zakat yang cukup besar, maka untuk memaksimalkan potensi tersebut harus ada pengelolaan yang baik dalam penyaluran dana zakat seperti yang dilakukan Baznas Kabupaten Bandung Barat penyaluran zakat dalam pendayagunaan dana zakat produktif pada program zmart. Dalam hal ini yang jadi permasalahan peneliti ingin mengkaji apakah sudah benar – benar efektif dalam merealisasikan pendayagunaan dana zakat produktif guna memberikan manfaat terhadap pemberdayaan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan sehingga mustahik dapat bertranformasi menjadi muzzaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola serta efektivitas pendayagunaan dana zakat produktif dalam pemberdayaan ekonomi mustahik yang dijalankan oleh Baznas Kabupaten Bandung Barat. Serta untuk mengetahui apakah program yang dijalankan oleh Baznas Kabupaten Bandung Barat sudah efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah penerima dana zakat produktif dan pimpinan Baznas Kabupaten Bandung Barat. Teknis analisis pada penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam menentukan keefektivitasan terhadap penelitian ini seperti yang dikatakan oleh Budiani (2007) bahwa tolak ukur untuk mengukur sebuah program dapat dilakukan dengan 4 indikator yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi, tujuan, dan pemantauan/pengawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola pendayagunaan dana zakat produktif yang dilakukan baznas kabupaten bandung barat melalui program zmart untuk merealisasikan pendayagunaan dana zakat produktif melalui Zmart. Zakat produktif tersebut diberikan kepada masyarakat miskin untuk memberdayakan ekenomi mereka (mustahik). Bantuan yang diberikan kepada mustahik dapat berupa alat usaha, modal usaha, maupun pelatihan usaha. Sedangkan efektivitas pendayagunaan dana zakat produktif yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Bandung Barat sudah efektif dalam pendayagunaan dana zakat produktif terhadap pemberdayaan ekonomi mustahiknya. Sebab dari 4 (empat) yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pengawasan atau monitoring. Hanya satu indikator yang belum efektif yaitu tujuan program. Hal ini menunjukkan bahwa program yang dijalankan oleh Baznas Kabupaten Bandung Barat berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pendayagunaan Dana Zakat Produktif; Pemberdayaan
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Andriansyah
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:11
Last Modified: 12 Sep 2022 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56354

Actions (login required)

View Item View Item