Layanan konseling Islami untuk memenuhi kebutuhan kasih sayang pada anak yang mengalami Slow Learner : Penelitian di Taman Kanak-Kanak Al-Husna Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi

Fitriani, Zhafira Nur (2022) Layanan konseling Islami untuk memenuhi kebutuhan kasih sayang pada anak yang mengalami Slow Learner : Penelitian di Taman Kanak-Kanak Al-Husna Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Slow Learner merupakan kondisi di mana anak mengalami kelambanan dalam kemampuan kognitifnya dan berada di bawah rata-rata anak normal sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahami dan menguasai materi pelajaran. Faktor yang melatar belakangi anak mengalami slow learner adalah dimana sang anak mengalami kekurangan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Latar Belakang Layanan Konseling Islami Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner Di TK AL-Husna Cibarusah. (2) Proses Layanan Konseling Islami Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner Di TK AL-Husna Cibarusah. (3) Hasil Layanan Konseling Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner Di TK AL-Husna Cibarusah. Penelitian ini di dasarkan teori konseling islami dengan menggunakan konseling behavioral untuk pembiasaan kebiasaan baik yang di bantu oleh guru sebagai model yang berfungsi untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan konseli dalam usaha menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian bersifat kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dari sumber data yang di amati melalui observasi dan wawancara pada orang-orang yang ada di sekitar konseli. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Latar belakang menghasilkan dimana konseli tidak mendapat kasih sayang penuh dari kedua orang tua nya dan menyebabkan konseli mengalami lambat belajar di banding dengan anak-anak seumurannya. (2) Proses, terdapat empat proses konseling yang telah dilakukan dimana peneliti memberikan pengertian tentang kasih sayang Allah SWT sebagai kasih sayang pengganti dan memberikan pengajaran kebiasaan baik kepada konseli. (3) Hasil layanan konseling untuk memenuhi kebutuhan kasih sayang pada anak yang mengalami slow learner setelah dilakukan pemberian layanan konseling menghasilkan perubahan yang ada pada diri konseli sendiri, diantaranya konseli sudah mempunyai keinginan untuk belajar dan sudah dapat membaca dengan lancar tanpa perlu di eja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Islami; Kebutuhan Kasih Sayang; Slow Learner
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zhafira Nur Fitriani H
Date Deposited: 14 Sep 2022 10:50
Last Modified: 14 Sep 2022 10:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56342

Actions (login required)

View Item View Item