Pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah, dan suku bunga terhadap return saham: Studi kasus pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2020

Rianti, Mira (2022) Pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah, dan suku bunga terhadap return saham: Studi kasus pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal merupakan tempat yang digunakan investor untuk mendapatkan kesempatan dan peluang dalam berinvestasi. Dalam berinvestasi, investor memprediksi return saham dan meminimalisir risiko yang diperoleh. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk memperoleh return saham baik faktor yang berasal dari dalam (internal) dan luar (eksternal) perusahaan. Faktor eksternal perusahaan diantaranya faktor makroekonomi yaitu inflasi, nilai tukar rupiah, suku bunga, dan sebagainya. Dalam penelitian hanya meneliti tiga faktor makroekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah, dan suku bunga terhadap return saham secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat 11 sampel perusahaan dalam penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan studi kepustakaan. Data penelitian merupakan data panel yang diolah menggunakan Software Microsoft Excel dan Eviews 9. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa inflasi tidak berpengaruh terhadap return saham dengan nilai prob 0,5827 dalam uji t. Nilai tukar rupiah berpengaruh negatif terhadap return saham dengan nilai prob 0,047 dalam uji t. Suku bunga tidak bepengaruh terhadap return saham dengan nilai prob 0,7702 dalam uji t. Inflasi, nilai tukar rupiah, dan suku bunga secara simultan tidak berpengaruh terhadap return saham dengan nilai prob(F-statistic) 0,195337 dalam uji F.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inflasi; Nilai Tukar Rupiah; Suku Bunga; Return Saham
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mira Rianti
Date Deposited: 12 Sep 2022 00:45
Last Modified: 12 Sep 2022 00:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56311

Actions (login required)

View Item View Item