Pengaruh sikap Wara' dalam meningkatkan kecerdasan pada anak didik : Studi kuantitatif pada Yayasan Manar Al-Ummat Ciamis

Ilahiya, Nabila Fadlla (2022) Pengaruh sikap Wara' dalam meningkatkan kecerdasan pada anak didik : Studi kuantitatif pada Yayasan Manar Al-Ummat Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha manusia yang bertujuan untuk meningkatakan dan mengembangkan kecakapan, pengetahuan, sikap, nilai, pola tingkah laku dengan cara membina kepribadian anak didik. Nilai spiritual keagamaan tentunya sangat terkemuka atau penting untuk diterapkan pada setiap proses pembelajaran pendidikan di berbagai lembaga pendidikan. Dalam kehidupan sekarang ini, banyak sekali godaan yang dapat meruntuhkan iman dan kepercayaan seorang pendidik, tidak jarang kasus dibeberapa lembaga pendidikan yang disebabkan oleh guru atau pendidik yang tidak berhati-hati dalam mengambil tindakannya sehingga permasalahan tersebut tidak hanya berdampak kepada pendidik saja tetapi bisa saja berdampak kepada proses pemberian pembelajaran yang akan disalurkan kepada anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sikap wara’ guru di Yayasan Manar Al-Ummat, sikap wara’ yang ditanamkan pada guru Yayasan Manar Al-Ummat kemudian untuk mengetahui pengaruh sikap wara’ dalam meningkatkan cerdasan pada anak didik, kecerdasan tersebut meliputi kecerdasan dalam aspek spiritual dan aspek kecerdasan emosional pada anak didik di Yayasan Manar Al-Ummat Ciamis. Pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif inferensial untuk mencari pengaruh variabel X (sikap wara’) terhadap variabel Y (kecerdasan) sehingga teknis pengumpulan data yang dilakukan menggunakan beberapa uji statistik. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan menyebarkan angket kepada subjek penelitian, yaitu guru di Yayasan Manar Al-Ummat Ciamis sebanyak 42 orang. Pengolahan data dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan aplikasi statistika IBM SPSS 25 dan teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dengan penelitian yang telah dilakukan, menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat 38% guru yang memiliki sikap wara’ yang tinggi, 50% memiliki sikap wara’ yang sedang, dan 16,9% memiliki sikap wara’ rendah. Melalui uji koefisien kolerasi rank spearman diketahui bahwa terdapat hubungan antara variabel X (sikap wara’) dan variabel Y (kecerdasan) sebanyak 0,466 atau 46,6% angka koefisien korelasi pada hasil penelitian memiliki nilai yang positif dan memiliki tingkat hubungan yang cukup berhubungan atau cukup berkolerasi. Dan hasil dari nilai signifikannya adalah 0,002, dikarenakan nilai signifikan dari hasil data yang telah diolah < 0,05maka dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari Sikap Wara’ dalam meningkatan Kecerdasan pada Anak Didik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan; Sikap Wara’; Guru Yayasan Kecerdasan; Sikap Wara’; Guru Yayasan
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nabila Fadlla Ilahiya
Date Deposited: 09 Sep 2022 05:40
Last Modified: 09 Sep 2022 05:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56260

Actions (login required)

View Item View Item