Pemberdayaan kewirausahaan dalam sektor pertanian untuk meningkatkan perekonomian masyarakat: Penelitian di Kebun Hidroponik Taruna Tani Akur Kampung Gbo Desa Cipanas Kabupaten Cianjur

Nadhira, Aulia Najmi (2022) Pemberdayaan kewirausahaan dalam sektor pertanian untuk meningkatkan perekonomian masyarakat: Penelitian di Kebun Hidroponik Taruna Tani Akur Kampung Gbo Desa Cipanas Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh lemahnya kesadaran masyarakat akan kegiatan pemberdayaan dalam sektor pertanian yang berdampak bagi masyarakat itu sendiri. Dengan adanya permasalahan tersebut Karang Taruna Tani Akur Desa Cipanas mengadakan program pemberdayaan dalam sektor pertanian khususnya pertanian hidroponik, yang dimana program tersebut di dukung dan di bantu oleh Desa Cipanas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan program pemberdayaan kewirausahaan pada sektor pertanian, untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan program pemberdayaan kewirausahaan pada sektor pertanian, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan kewirausahaan pada sektor pertanian di kebun hidroponik Taruna Tani Akur. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional James Coleman dimana dalam penjelasan pilihan rasional ini berfokus pada aktor dan sumber daya. Aktor disini adalah manusia yang dianggap mempunyai tujuan dan sasaran yang harus dicapai melalui tindakan rasional atau upaya yang nyata. Sementara itu sumber daya disini dikendalikan oleh aktor. Aktor dalam penelitian ini yaitu masyarakat atau anggota dari Taruna Tani Akur dan pihak pemerintah desa dimana anggota Taruna Tani Akur dan pihak pemerintah desa disini mempunyai tujuan yang ingin dicapai untuk mensejahterakan masyarakatnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari ketua Karang Taruna Tani Akur, masyarakat sekitar, dan pihak pemerintahan Desa Cipanas sedangkan data sekunder berupa penelitian terdahulu seperti jurnal dan dokumen-dokumen yang di dapatkan dari kantor Desa Cipanas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program pemberdayaan pertanian ini berdampak positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat Desa Cipanas, masyarakat sekitar tentunya telah memperoleh banyak perubahan dan manfaat dalam pemberdayaan ini. Hasil pemberdayaan dapat dilihat dari segi sosial, sebelumnya anggota kelompok tani yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda, akhirnya mereka mampu menjalin hubungan antara anggota dan pengelola. Dari segi ekonominya berdampak pada meningkatnya pendapaan masyarakat Desa Cipanas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat;Pertanian;Meningkatkan perekonomian
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Farm, Farming
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aulia Najmi Nadhira
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:53
Last Modified: 12 Sep 2022 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56259

Actions (login required)

View Item View Item