Pengembangan Electronic Module Computational Thinking Scratch (E-Module CT-S) untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi

Nurfadilah, Ninda Ayu (2022) Pengembangan Electronic Module Computational Thinking Scratch (E-Module CT-S) untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-module, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-module CT-S, peningkatan kemampuan berpikir komputasi peserta didik pada materi usaha dan energi, dan respon peserta didik terhadap penggunaan e-module CT-S. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA dengan sampel satu kelas yaitu X MIPA 1 yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory (AABTLT), tes kemampuan berpikir komputasi, dan angket respon. Teknik analisis menggunakan persentase lembar validasi, n-gain dan uji t-paired sample test. Hasil penelitian memperoleh 1) e-module CT-S pada materi usaha dan energi dikategorikan layak dengan persentase 77,99%. 2) Keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan memperoleh nilai rata-rata 73,51% dengan kategori efektif. 3) Peningkatan kemampuan bepikir komputasi peserta didik memperoleh nilai rata-rata n-gain 0,66 dengan kategori sedang. Hasil uji t-paired sample test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) yaitu 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir komputasi peserta didik sesudah menggunakan e-module CT-S dalam pembelajaran. 4) Respon peserta didik terhadap penggunaan e-module CT-S memperoleh nilai rata-rata 79,40% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Komputasi; E-Module CT-S; Usaha dan Energi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ninda Ayu Nurfadilah
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:05
Last Modified: 12 Sep 2022 08:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56249

Actions (login required)

View Item View Item