Pengembangan sumber daya manusia di kampung keluarga berkualitas: Studi pemberdayaan masyarakat di Desa Citimun Cimalaka Sumedang

Nurhanifah, Annisa (2022) Pengembangan sumber daya manusia di kampung keluarga berkualitas: Studi pemberdayaan masyarakat di Desa Citimun Cimalaka Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu isu yang dipandang menjadi perhatian di masyarakat. Tingkatan kualitas SDM dapat berubah menjadi hambatan atau permasalahan bagi kelangsungan hidup seseorang. Kualitas SDM yang baik memerlukan pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan SDM dapat dilakukan melalui upaya pemberdayaan masyarakat. Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Citimun Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang menjadi salah satu alternatif upaya pemberdayaan masyarakat dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam dan luas mengenai strategi, proses implementasi, dan keberhasilan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan Kampung KB Desa Citimun Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat menurut Oos M. Anwas. Kegiatan pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat menjadi berdaya dan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraannya. Keberhasilan pemberdayaan tidak hanya menekankan hasil tetapi juga proses melalui tingkat partisipasi yang berorientasi pada kebutuhan dan peluang masyarakat. Diperlukan strategi kerja tertentu demi keberhasilannya untuk mencapai tujuan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tafsir logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: Pertama, strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Kedua, proses implementasi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan sumber daya manusia dilakukan melalui tahapan pendekatan masyarakat, sosialisasi program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Ketiga, keberhasilan pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan, penyuluhan, dan pembinaan dirasakan secara langsung oleh masyarakat sehingga masyarakat mengalami peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan sumber daya manusia di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Citimun Cimalaka Sumedang berhasil meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan masyarakat melalui strategi serta proses yang telah dirancang oleh pengurus Kampung KB Desa Citimun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan SDM; Pemberdayaan Masyarakat; Kampung KB.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Annisa Nurhanifah
Date Deposited: 09 Sep 2022 05:21
Last Modified: 09 Sep 2022 05:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56236

Actions (login required)

View Item View Item