Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Primer Koperasi Pengelola Sampah: Studi deskriptif di Primer Koperasi Pengelola Sampah Kabupaten Cianjur

Nurmandita, Zachra (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Primer Koperasi Pengelola Sampah: Studi deskriptif di Primer Koperasi Pengelola Sampah Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

Sampah menjadi masalah yang krusial di Indonesia, karena semakin meningkatnya jumlah penduduk maka semakin meningkat pula volume sampah. Hal tersebut menimbulkan masalah yaitu penumpukkan sampah, yang disebabkan oleh pengelolaan sampah yang belum tepat. Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS) Kabupaten Cianjur sebagai fasilitator didirikan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menghadirkan inovasi dalam pengelolaan sampah dan menjadikan sampah sebagai peluang usaha dengan memberdayakan masyarakat dan Bank Sampah/TPS 3R di Kabupaten Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui (1) Program Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS) Kabupaten Cianjur dalam memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah (2) Proses PKPS Kab. Cianjur dalam memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah (3) Hasil yang diperoleh PKPS Kab. Cianjur dalam memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan yang diperkenalkan oleh Edi Soeharto (2006) yaitu pemberdayaan merupakan suatu proses dan juga tujuan atau hasil yang ingin dicapai dari pemberdayaan yang akan dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelian ini dapat disimpulkan bahwa Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS) Kab. Cianjur sebagai koperasi yang bergerak dalam bidang pengelolaan sampah mampu mengatasi permasalahan sampah melalui program-programnya yaitu budidaya maggot, pemilahan sampah organik, sosialisasi, controlling, dan pelatihan/workshop pengelolaan sampah organik ke bank sampah dan TPS 3R, simpan pinjam. Proses PKPS dalam memberdayakan masyarakat melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Selain mengatasi permasalahan sampah atau lingkungan, hasil yang diperoleh dari pemberdayaan yang dilakukan oleh PKPS ini berdampak baik terhadap aspek ekonomi dan sosial masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pengelolaan Sampah; Primer Koperasi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Cooperative
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Inventions and Patents
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zachra Nurmandita
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:49
Last Modified: 09 Sep 2022 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56232

Actions (login required)

View Item View Item