Pengaruh pendapatan margin Murabahah dan dana simpanan Wadiah terhadap bonus Wadiah pada PT Bank Muamalat Tbk. berdasarkan PSAK 59 dan 102: Studi kasus laporan keuangan triwulan tahun 2013-2020

Kamal, Widi Nurani (2022) Pengaruh pendapatan margin Murabahah dan dana simpanan Wadiah terhadap bonus Wadiah pada PT Bank Muamalat Tbk. berdasarkan PSAK 59 dan 102: Studi kasus laporan keuangan triwulan tahun 2013-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Bank syariah adalah badan usaha menghimpun dana berdasarkan prinsip syariah atau prinsip hukum islam. Salah satu produk penghimpunan dana di bank syariah adalah tabungan Wadiah. Tabungan Wadiah merupakan titipan murni dari nasabah kepada pihak bank tanpa mencari keuntungan. Dana nasabah yang ditabung dengan akad Wadiah ini, setiap resiko dan keuntungan yang ditimbulkan sepenuhnya menjadi hak dan tanggung jawab pihak bank syariah. Bank syariah biasanya menggunakan istilah Bonus dalam membagikan keuntungan tersebut. Semakin banyak keuntungan yang diperoleh bank syariah maka semakin banyak Bonus yang akan diberikan kepada nasabah. Awal mula yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yaitu terdapat data yang tidak sesuai dengan teori. Pada praktiknya di PT. Bank Muamalat Tbk. pergerakan Pendapatan Margin Murabahah dan Dana Simpanan Wadiah tidak selalu diikuti dengan pergerakan Bonus Wadiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Pendapatan Margin Murabahah dan Dana Simpanan Wadiah terhadap Bonus Wadiah secara parsial dan simultan pada PT. Bank Muamalat Tbk. berdasarkan PSAK 59 dan 102. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yaitu menggunakan data yang diukur dengan skala numerik atau angka. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi triwulan tahun 2013 – 2020 pada PT. Bank Muamalat Tbk. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan alat bantu SPSS Versi 25.0 dengan menggunakan uji normalitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi, korelasi pearson product moment, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik dan analisis pembahasan menunjukkan bahwa (1) Secara parsial Pendapatan Margin Murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Bonus Wadiah dengan Uji-t sebesar 4,860 > 2,045. (2) Dana Simpanan Wadiah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Bonus Wadiah dengan Uji-t -0,063 < 2,045. (3) Pendapatan Margin Murabahah dan Dana Simpanan Wadiah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Bonus Wadiah dengan Uji F 12,089 > 2,93.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Margin Murabahah; Dana Simpanan Wadiah; dan Bonus Wadiah
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Widi Nurani Kamal
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:38
Last Modified: 09 Sep 2022 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56213

Actions (login required)

View Item View Item