Peran dzikir pada gerakan olahraga pernapasan MAHATMA terhadap regulasi emosi : Studi kasus wanita usia dewasa madya anggota Mahatma Cirebon

Lestari, Ayu (2022) Peran dzikir pada gerakan olahraga pernapasan MAHATMA terhadap regulasi emosi : Studi kasus wanita usia dewasa madya anggota Mahatma Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Dzikir memiliki keutamaan untuk membersihkan hati dan dapat menstabilkan emosi diri. Dalam penelitian ini menggabungkan dzikir dalam setiap gerakan Olahraga Pernapasan Mahatma. Mahatma merupakan komunitas olahraga pernapasan, peran dzikir terhadap regulasi emosi usia dewasa madya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dzikir dalam kegiatan Olahraga Pernapasan Mahatma terhadap regulasi emosi pada anggota wanita usia dewasa madya Mahatma. Regulasi emosi merupakan kemampuan individu dalam mengelola atau mengontrol emosi dengan baik dan benar. Dalam sebuah ikatan pernikahan dibutuhkan regulasi emosi yang baik supaya dapat mencapai sebuah kepuasaan dalam pernikahan. Seorang wanita yang memegang peran penting dalam rumah tangga, karenanya kestabilan emosi sangatlah penting agar tidak adanya sebuah pertengkaran yang bisa berakibat fatal. Penelitian ini menggunakan teori James J. Gross dalam emotion regulation dengan mengetahui aspek-aspek tentang regulasi emosi untuk mencapai regulasi emosi yang baik dan benar. Penelitian ini merupakan kualitatif, dengan pendekatan menggunakan metode studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penasiran logika yang di hubungkan dengan konteks aspek-aspek yang ada di dalam teori. Dari hasil penelitian peran dzikir dalam kegiatan Olahraga Pernapasan Mahatma terhadap regulasi emosi wanita usia dewasa madya. Menunjukkan saat berada di lingkungan komunitas Olahraga Pernapasan Mahatma terlihat emosi positif dan stabil. Namun saat berada di rumah dan terjadi konflik dengan pasangan yang menimbulkan emosi negatif masih terbawa emosi negatif tersebut, tetapi dapat terkontrol dengan kalimat dzikir dan praktek ilmu olah napas tersebut. Dengan aktif dalam kegitan Mahatma, memahami dan mempraktekkan apa yang sudah di dapatkan mampu meregulasi emosi dengan baik, olah napas dan dzikir yang mampu menjadi lebih tenang dari emosi negatif yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dzikir; Regulasi Emosi; Wanita Usia Dewasa Madya Anggota Mahatma.
Subjects: Humankind > Emotion
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ayu Lestari
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:36
Last Modified: 09 Sep 2022 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56204

Actions (login required)

View Item View Item