Pemberdayaan keluarga prasejahtera melalui Program Keluarga Harapan : Studi deskriptif keluarga penerima manfaat Desa Bongas Kulon Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka

Sulistiawati, Ade (2022) Pemberdayaan keluarga prasejahtera melalui Program Keluarga Harapan : Studi deskriptif keluarga penerima manfaat Desa Bongas Kulon Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang masih belum terpetakan dengan baik yaitu berkaitan dengan kemiskinan. Kemiskinan yang dialami oleh masyarakat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup keluarga. Masyarakat Desa Bongas Kulon masih terdapat keluarga prasejahtera yang bergantung pada dana bantuan sosial. Ditinjau dari letak geografis wilayah ini strategis karena dekat dengan fasilitas umum dan wilayah industri. Sejak tahun 2008, pemerintah meluncurkan Program Keluarga Harapan untuk mengatasi masalah kesejahteraan sosial di Desa Bongas Kulon. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis program yang digulirkan oleh Program Keluarga Harapan, proses pelaksanaan Program Keluarga Harapan, dan mengetahui hasil pemberdayaan keluarga prasejahtera melalui Program Keluarga Harapan di Desa Bongas Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pemberdayaan dari Oos M. Anwas yang menyatakan bahwa pemberdayaan adalah usaha membimbing keterampilan dan pengetahuan masyarakat lemah agar dapat berdaya serta mandiri dalam melangsungkan hidup dan meningkatkan kapasitas diri masyarakat untuk menentukan masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pendekatan fenomenologi, dan paradigma interpretif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sedangkan teknik menganalisis data menggunakan tafsir logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pemberdayaan keluarga prasejahtera melalui kegiatan pencairan dana bantuan sosial dan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) sebagai edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan terciptanya perubahan perilaku penerima manfaat. Pelaksanaan Program Keluarga Harapan melalui beberapa tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan terminasi. Selain itu, hasil dari pemberdayaan keluarga prasejahtera dapat ditinjau dari aspek kesehatan pada anak usia dini, aspek pendidikan, dan aspek kesejahteraan sosial pada lansia dalam mengakses fasilitas pendidikan dan kesehatan. Dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan keluarga prasejahtera melalui Program Keluarga Harapan di Desa Bongas Kulon berhasil karena beban pengeluaran penerima manfaat terbantu serta adanya kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses pendidikan dan kesehatan dalam mencukupi kebutuhan dasar hidup keluarga penerima manfaat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Penerima Manfaat; Pemberdayaan Keluarga; Program Keluarga Harapan
Subjects: Culture and Institutions > Family
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ade Sulistiawati
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:31
Last Modified: 08 Sep 2022 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56120

Actions (login required)

View Item View Item