Konsep kepribadian Ulul Albab dalam Al-Qur’an sebagai pembangun moderasi beragama: Kajian Tafsir Maudhu’i

Idharulhuda, Muhammad Qory (2022) Konsep kepribadian Ulul Albab dalam Al-Qur’an sebagai pembangun moderasi beragama: Kajian Tafsir Maudhu’i. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai permasalahan moderasi beragama yang seharusnya merupakan solusi dari tindakan radikalisme. Tetapi, pada kenyataannya sikap moderat dalam beragama ini belum bisa diterapkan seutuhnya. Sikap moderat dalam beragama tidak dapat tercipta apabila setiap individu tidak memiliki karakter yang baik, maka dari itu, diperlukan karakter ideal yang perlu dimiliki oleh setiap individu, karakter ideal ini yaitu ulul albab. Tujuan penelitian ini, pertama, Untuk mengetahui konsep ulul albab dalam al-Qur’an dengan penerapan kajian tafsir Maudhu’i, kedua untuk mengetahui konsep ulul albab dalam al-Qur’an sebagai pembangun moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumen dan teknik analisis data menggunakan cara kerja tafsir mawdlu’i untuk mengetahui konsep kepribadian ulul albab dalam al-Qur’an juga menggunakan teknik content analysis untuk menemukan relevansi konsep kepribadian ulul albab dalam al-Qur’an dapat menjadi pembangun moderasi beragama. Hasil dari penelitian ini yaitu peneliti menemukan ayat yang membahas mengenai ulul albab yang disebutkan 16 kali dalam al-Qur’an yang tersebar ke dalam 10 surah dan 15 ayat. Konsep kepribadian ulul albab dalam al-Qur’an yaitu orang yang ulul albab memiliki beberapa karakteristik, di antaranya patuh terhadap ajaran, dapat mengambil pelajaran, bertindak hati-hati, menjauhi kekerasan, tidak melampaui batas, berpengetahuan mendalam, kritis, mampu membedakan baik dan buruk, mengetahui kebenaran, berlaku adil, menerima perbedaan, tidak lepas dari dzikir dan pikir, tidak melanggar janji, menjaga tali persaudaraan, menolong orang lain, mendirikan sholat, membalas keburukan dengan kebaikan, sabar. Konsep kepribadian ulul albab dapat menjadi pembangun moderasi beragama karena selaras dengan prinsip dasar, tiga pilar landasan, dan indikator moderasi beragama. Orang yang memiliki pribadi ulul albab dapat bertindak adil dan berimbang, juga dapat bersikap moderat dalam pemikiran, gerakan, dan perbuatan. Orang yang berkarakter ulul albab juga memiliki sikap komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan dan akomodatif terhadap kebudayaan lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; Maudhu’i; Moderasi Beragama; Ulul Albab
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Qory Idharulhuda
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:25
Last Modified: 08 Sep 2022 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56110

Actions (login required)

View Item View Item