Analisis penerapan etika bisnis Islam pada transaksi jual beli online Shopee : Studi kasus pada Online Shop Maharofficial.co

Irfanudin, Naufal Zaidan (2022) Analisis penerapan etika bisnis Islam pada transaksi jual beli online Shopee : Studi kasus pada Online Shop Maharofficial.co. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini bisnis online sangat diminati masyarakat sayangnya keminfo mencatat 16.678 kasus penipuan online. Lebih dari 14.000 merupakan laporan penipuan transaksi online. kasus penipuan dalam praktik transaksi jual beli online salah satunya adalah tidak sesuainya gambar/foto dengan barang aslinya. Hal ini jika ditinjau dari prepsktif islam tentunya sangat bertentangan, dimana penipuan (tadlis) merupakan salah satu pelanggaran etika bisnis. Etika bisnis berfungsi sebagai controling bagi setiap orang dalam melaksanakan segala kegiatan termasuk berbisnis. Maka dari itu prinsip penerapan etika bisnis harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis yang melaksanakan aktivitas ekonomi agar tujuan bisnis dapat tercapai dan terjunjungnya kesejahteraan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui mekanisme transaksi di Maharofficial.co. 2) Mengetahui penerapan etika bisnis islam dalam transaksi jual beli online di Maharofficial.co. 3) Mengetahui dampak dari penerapan etika bisnis Islam pada transaksi jual beli online di Maharofficial.co. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode peneilitian dengan mengunakan analisis deskriftif dengan penedekatan kualitatif. Jenis data yang di gunakan data primer yang di peroleh secara langsung melalui wawancara kepada CEO dan founder, melakukan observasi menggunakan internet melalui telepon pada online shop maharofficial.co di shopee. data sekunder di peroleh melalui buku-buku, website, arsip pendukung yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Hasil penelitian ini adalah 1) mekanisme transaksi di maharoffcial.co sama dengan transaksi di platform shopee pada umumnya, adapun untuk produk yang di pasarkan bukan merupakan produk yang di batasi dan dilarang oleh shopee,mekanisme pembayaran yang tersedia di maharofficial.co hanya tersedia beberapa saja, jasa pengiriman menggunakan semua jasa pengeiriman yang bermitra dengan shopee, layanan gratis ongkir maharoffcial.co menggunkan gratis ongkir ekstra dan biasa, untuk garansi perusahaan memiliki dua garansi yaitu garansi shopee dan juga garansi toko. 2) Penerapan etika bisnis islam di perusahaan sudah menerapkan kelima prinsip etika bisnis islam, namun perushaan masih belum maksimal pada prinsip tanggung jawab,kejujuran, 3) Dampak yang didapat dari penerapan etika besinis islam dampak positifnya seperti meningkatnya kualitas rating toko, meningkatnya penjualan, perusahaan di kenal masyarakat sekitar dengan mengadakan kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Online Shope; Transaksi Jual Beli
Subjects: Occupational Ethics > Business Ethics
Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Naufal Zaidan Irfanudin
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:58
Last Modified: 08 Sep 2022 06:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56109

Actions (login required)

View Item View Item