Hubungan penggunaan Education Management Information System (EMIS) 4.0 dengan efektivitas pendataan pendidikan madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Subang

Nurilahi, Risa (2022) Hubungan penggunaan Education Management Information System (EMIS) 4.0 dengan efektivitas pendataan pendidikan madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan education management information system (EMIS) 4.0 merupakan aplikasi pendataan yang menghasilkan sumber informasi yang akurat dan digunakan untuk mencapai salah satu tujuan pendidikan yang optimal. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu kurangnya keahlian operator madrasah, ketepatan waktu dalam memasukan data pada EMIS 4.0 dan terputusnya jaringan dalam proses upload data pada EMIS 4.0 sehingga akan berdampak pada informasi yang dihasilkan serta terhambatnya proses pelayanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan, efektivitas dan hubungan education management information system (EMIS) 4.0 dengan pendataan pendidikan madarasah pada Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Untuk menghasilkan data pada penelitian ini, dengan menyebarkan angket pada 32 Operator Madrasah Aliyah Swasta dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis indikator, uji prasyarat (uji normalitas data dan uji linieritas), uji korelasi dan uji koefeisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penggunaan education management information system (EMIS) 4.0 berdasarkan hasil analisis statistik memiliki nilai rata-rata 4,22 yang dikategorikan tinggi. (2) efektivitas pendataan pendidikan madrasah berdasarkan hasil analisis statistik memiliki nilai rata-rata 4,22 yang dikategorikan tinggi. (3) hubungan penggunaan EMIS 4.0 dengan efektivitas pendataan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Kabupaten Subang mempunyai hubungan yang signifikan, dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi diperoleh 0.861 dengan kategori sangat kuat karena berada pada rentang 0.80-1.00. Jenis hubungan antara kedua variabel berjenis positif, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki makna bahwa semakin tinggi penggunaan EMIS 4.0 maka semakin tinggi juga efektivitas pendataan pendidikan madarsah. Selanjutnya diperoleh hasil dari koefisien determinasi sebesar 0.742 yang berarti bahwa kontribusi penggunaan EMIS 4.0 dengan efektivitas pendataan pendidikan madrasah sebesar 74.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan; EMIS; Efektivitas Pendataan Pendidikan Madrasah;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Risa Nurilahi
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:34
Last Modified: 08 Sep 2022 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56095

Actions (login required)

View Item View Item