Upaya pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam penanganan gizi buruk pada balita : Studi deskriptif di kelompok PKK Kampung Cisalatri Gang Kujang Rw.06

Lestari, Dela (2022) Upaya pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam penanganan gizi buruk pada balita : Studi deskriptif di kelompok PKK Kampung Cisalatri Gang Kujang Rw.06. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) terbentuk dibawa dengan wanita sebagai motor penggeraknya untuk membangun keluarga sebagai unit dari sebuah kelompok terkecil yang ada di dalam masyarakat. Pemberdayaan kesejahteraan keluarga bertujuan untuk membantu pemerintahan dalam menekankan angka kematian ibu, bayi dan balita termasuk juga menurunkan kasus gizi buruk pada balita serta meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat. PKK menjadi arena masyarakat untuk secara aktif dalam berpartisipasi, menyampaikan aspirasi dan inisiatif dari berbagai permasalahan yang ada untuk dapat ditangani dan mencari solusi bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi gizi pada balita, mengetahui program PKK dalam mengatasi gizi buruk pada balita, dan mengetahui implementasi dari upaya PKK dalam mengatasi gizi buruk pada balita. Landasan teoritis yang digunakan adalah teori pemberdayaan menurut Suhendar bahwa pemberdayaan merupakan sebuah kegiatan yang berkesinambungan, dinamis, dan sinergis dalam mendorong keterlibatan semua potensi yang ada dimasyarakat secara pastisipatif sehingga dapat memungkinkan terbentuknya masyarakat madani yang majemuk, penuh kesinambungan kewajiban dan hak, serta saling menghormati tanpa ada yang merasa asing di dalam komunitasnya. Teori pemberdayaan disini dikaitkan dengan pemberdayaan kesejahteraan keluarga dalam meningkatkan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat. Proses pelaksanaan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pendampingan, Dengan demikian penelitian menunjukan bahwa program pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam mengatasi gizi buruk pada balita diantaranya melalui program memperdayaan keluarga yang meliputi pendampingan kepada calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan balita. Dilakukannya penyediaan kegiatan posyandu, kegiatan penyuluhan, penyebaran informasi, dan penyediaan fasilitas. Sehingga hasil dari pemberdayaan kesejahteraan keluarga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam mengelola kondisi kesehatan dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan; PKK; kesehatan balita; dan kesejahteraan masyarakat.
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Medical Service Management
Social Welfare, Problems and Services > Health Centers
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dela Lestari
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:55
Last Modified: 08 Sep 2022 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56094

Actions (login required)

View Item View Item