Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Kalbe Farma Tbk periode 2011-2021

Fadilah, Indah (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Kalbe Farma Tbk periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan sebuah perusahaan adalah meningkatkan nilai dan laba. Untuk menilai perushaan dalam menghasilkan labanya dapat dilihat menggunakan rasio Net Profit Margin (NPM). Salah satu faktor yang memperngaruhi tinggi atau rendahnya rasio Net Profit Margin (NPM) yaitu Current Ratio (CR) dimana rasio ini merupakan rasio yang mengukur kemapuan aktiva lacar perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya, dan Dept to Asset Ratio (DAR) merupakan rasio yang mengukur seberapa besar kemampuan perushaan dalam menjamin hutangnya dengan menggunakan aktiva perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT.Kalbe Farma Tbk; Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT.Kalbe Farma Tbk; dan mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) secara simultan terhadap Net Profit Margin di PT. Klabe Frama Tbk, periode 2011-2021. Kerangka berpikir yang di gunakan didalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat para ahli dan hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa naik turunnya Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM). Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang di gunakan merupakan data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan tahunan PT. Kalbe Farma Tbk, periode 2011-2021. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis koefisien determinasi, dan analisis hipotesis (Ujit dan Uji f). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM), kemudian secara parsial Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM). Sedangkan secara simultan Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) berengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Asset Ratio (DAR); Net Profit Margin (NPM);
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Indah Fadilah
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:53
Last Modified: 08 Sep 2022 03:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56038

Actions (login required)

View Item View Item