Penerapan metode Scrambel dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI : Penelitian tindakan kelas terhadap peserta didik kelas V SDN 2 Linggamukti Kec. Darangdan Kab. Purwakarta

Fauziah, Haifa Luthfy (2022) Penerapan metode Scrambel dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI : Penelitian tindakan kelas terhadap peserta didik kelas V SDN 2 Linggamukti Kec. Darangdan Kab. Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dibuktikan ketika proses pembelajaran berlangsung hanya beberapa peserta didik yang berpartisipasi aktif, peserta didik asik dengan kegiatannya masing-masing, tidak memperhatikan penjelasan oleh guru dan terlihat bosan saat berlangsungnya pembelajaran yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Minat belajar peserta didik kelas V SDN 2 Linggamukti pada pembelajaran PAI sebelum diterapkan metode scramble, 2) Proses pembelajaran dengan menerapkan metode scrambel untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran PAI, 3) Minat belajar peserta didik kelas V SDN 2 Linggamukti setelah diterapkan metode scrambel pada pembelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada gagasan para ahli yang menyatakan bahwa metode scrambel merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan konsentrasi peserta didik. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode scrambel dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V SDN 2 Linggamukti pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat empat tahapan yakni Perencanaan (planning), Tindakan (action), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Linggamukti yang berjumlah 26 terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data: observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data adalah analisis data observasi dan angket. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan: 1) Minat belajar peserta didik sebelum menerapkan metode scrambel memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 71, dan ketuntasan klasikal 38% dengan kriteria kurang sekali, 2) Aktivitas guru pada siklus I mencapai 62% termasuk kategori sedang, aktivitas siswa 56% termasuk kategori kurang. Siklus II aktivitas guru 92% dan aktivitas siswa 88% dengan kategori sangat baik, 3) Peningkatan minat belajar perserta didik setelah diterapkannya metode scrambel pada pembelajaran PAI mengalami peningkatan sangat signifikan. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh mencapai 78 dan hasil ketuntusan klasikal sebesar 73% dengan kategori sedang. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas yaitu 83, dengan hasil ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu penerapan metode scramble dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V SDN 2 Linggamukti pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Scramble; Minat Belajar
Subjects: Christianity > Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Paleontology, Paleozoology, Paleology > Research Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haifa Luthfy Fauziah
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:23
Last Modified: 08 Sep 2022 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56017

Actions (login required)

View Item View Item