Pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin jilid 1 hubungannya dengan akhlak santri Pondok Pesantren Raudhotul Irfan Ciamis: Penelitian terhadap santri kelas 1 ibtida Pondok Pesantren Raudhotul Irfan Ciamis

Nurhidayah, Didah (2022) Pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin jilid 1 hubungannya dengan akhlak santri Pondok Pesantren Raudhotul Irfan Ciamis: Penelitian terhadap santri kelas 1 ibtida Pondok Pesantren Raudhotul Irfan Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari guru akhlak bahwa semestinya santri mampu memahami materi akhlak dengan baik, namun kenyataannya banyak santri pula yang masih mengalami kemerosotan dalam akhlak, hal ini ditandai dengan adanya peserta didik yang mengabaikan pembicaraan orang tua karena gadget, peserta didik yang tidak sopan terhadap guru di kelas, peserta didik yang berkata kotor dan kasar terhadap sesama, peserta didik yang melakukan tauran antar kelas, suara bicara peserta didik melebihi suara guru. Hal tersebut menunjukan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini mengetahui: 1) Realitas pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin jilid 1 di pondok pesantren Raudhotul Irfan Ciamis. 2) Realitas akhlak santri di pondok pesantren Raudhotul Irfan Ciamis. 3) hubungan pembelajaran Akhlak Lil Banin jilid 1 terhadap akhlak santri di pondok pesantren Raudhotul Irfan Ciamis. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa pembelajaran merupakan usaha yang sengaja dirancang untuk mewujudkan kegiatan belajar, sehingga mewujudkan adanya perubahan pemahaman dan tingkah laku. Karena hal itu, pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 akan mempengaruhi pemahaman akhlak dan dapat menimbulkan respon untuk merubah akhlak santri menjadi lebih baik. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin meningkatnya pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 maka semakin membaik akhlak santri Raudhotul Irfan Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan santri kelas 1 ibtida di Pesantren Raudhotul Irfan Ciamis berjumlah 58 santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji normalitas data, uji regresi, uji kolerasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Realitas pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 termasuk dalam kategori positif dengan nilai rata-rata 3.86 berada di skala 3.40-4.19. 2) Realitas akhlak santri kelas 1 ibtida Raudhotul Irfan Ciamis termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 3.99 berada di skala 3.40-4.19. 3) Hubungan pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 hubungannya dengan akhlak santri Raudhotul Irfan Ciamis termasuk dalam korelasi sangat tinggi dengan nilai uji korelasi person yaitu 0.854 berada di interval 0.81-1.00. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 72.9% dan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan uji hipotesis dapat diketahui nilai thitung 12.266 > dari ttabel 1.672. maka dapat disimpulkan Hipotesis diterima artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 terhadap akhlak santri kelas 1 ibtida Raudhotul Irfan Ciamis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; akhlak lil banin; akhlak
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Didah Nurhidayah
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:36
Last Modified: 09 Sep 2022 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56010

Actions (login required)

View Item View Item