Hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA

Janah, Risa Falihahtul (2021) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman hidupnya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Kecerdasan emosi meliputi kemampuan untuk mengendalikan diri, memiliki daya tahan ketika menghadapi suatu masalah, mampu mengendalikan impuls, memotivasi diri, mampu mengatur suasana hati, kemampuan berempati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasaan Emosi peserta didik, hasil belajar, dan hubungan kecerdasan Emosional dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Dengan jenis penelitan korelasi deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Banyusari pada peserta didik kelas VIII yang berjumlah 38 peserta didik yang diambil dari 5 kelas masing-masing diambil 6- 10 perkelas. Instrumen yang digunakan adalah penyebaran angket skala likert. Data hasil belajar diperoleh melalui hasil ujian semester. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menujukkan (1) tingkat kecerdasan Emosi, dengan nilai rata-rata sebesar 70,0, dengan konversi nilai skala empat menjadi 2,91 (Cukup). (2) hasil belajar peserta didik menunjukan rata-rata nilai 70,0 (baik). (3) analisis korelasi diuji menggunakan uji korelasi pearson dengan df=36 dan α=0,5 menunjukan hasil uji senilai 0,948 yang berada pada rentang 0,80-1,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasaan emosi dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Korelasi; Kecerdasaan Emosi; hasil belajar; IPA
Subjects: Causation
Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Risa Falihahtul Janah
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:55
Last Modified: 07 Sep 2022 01:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55938

Actions (login required)

View Item View Item