Pengaruh Current Ratio, Return On Assets, dan Debt to Equity Ratio terhadap harga saham : Studi pada perusahaan kesehatan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2021

Alhamdy, Azizah (2022) Pengaruh Current Ratio, Return On Assets, dan Debt to Equity Ratio terhadap harga saham : Studi pada perusahaan kesehatan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada harga saham perusahaan kesehatan sub sektor farmasi yang mengalami perkembangan fluktuatif periode 2015-2021, hal tersebut diduga dipengaruhi oleh current ratio, return on assets, dan debt to equity ratio. Selain itu, terdapat fenomena gap serta terjadi perbedaan dari hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang terdiri dari current ratio, return on assets, dan debt to equity ratio terhadap harga saham baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan kesehatan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2021. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori dan hasil penelitian sebelumnya. Tinggi rendahnya nilai current ratio, return on assets, dan debt to equity ratio akan berpengaruh terhadap harga saham. Hal tersebut dikarenakan current ratio menilai kemampuan perusahaan melunasi utang lancarnya, return on assets menilai kemampuan perusahaan mengelola seluruh aset untuk menghasilkan keuntungan, serta debt to equity ratio yang menilai berapa jumlah modal yang digunakan sebagai jaminan utang sehingga mempengaruhi minat investor untuk berinvestasi dan berpengaruh terhadap naik turunnya harga saham. Metode yang ditetapkan pada penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Sampel yang digunakan berjumlah 8 perusahaan dari 11 populasi perusahaan yang dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling kategori purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, analisis regresi data panel menggunakan random effect model, uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Pengolahan data dibantu dengan software EViews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial current ratio dan return on assets tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung masing-masing -1,380648 dan 0,350623, serta nilai probabilitas masing-masing 0,1733 dan 0,7273. Debt to equity ratio secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai thitung 2,757244 dan nilai probabilitas 0,0080. Secara simultan current ratio, return on assets, dan debt to equity ratio berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham dengan nilai Fhitung 4,592391 dan nilai probabilitas F-statistic 0.006317. Hasil pengujian koefisien determinasi memiliki nilai R-Square 0,209452 (20,94). Sehingga, kemampuan variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 20,94%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Return On Assets; Debt to Equity Ratio; Harga Saham
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Azizah Alhamdy
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:48
Last Modified: 07 Sep 2022 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55927

Actions (login required)

View Item View Item