Pengaruh sistem pengendalian internal dan penerapan Good Corporate Governance terhadap kualitas laporan keuangan syariah pada BPRS HIK Parahyangan

Husni, Nadya Indra (2022) Pengaruh sistem pengendalian internal dan penerapan Good Corporate Governance terhadap kualitas laporan keuangan syariah pada BPRS HIK Parahyangan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy

Abstract

Penyajian laporan keuangan Laporan Laba Rugi BPRS HIK Parahyangan tahun 2020 bagian pendapatan pengelolaan dana oleh bank sebagai mudharib tidak menjelaskan dari jenis pendapatan dari jual beli dan pendapatan dari bagi hasil. Serta, tahun 2020 baru diterapkannya prinsip good corporate governance pada BPRS HIK Parahyangan. Seharusnya menurut PSAK 101 seluruh pendapatan tersebut harus jelas jenis-jenisnya dan good corporate governance diterapkan sejak ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tahun 2018. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar sistem pengendalian internal dan penerapan good corporate governance terhadap kualitas laporan keuangan syariah pada BPRS HIK Parahyangan. Laporan keuangan sebagai alat yang digunakan untuk menunjukkan kinerja bank menjadi sangat penting dikalangan publik sebagai pertimbangan untuk berinvestasi, pembiayaan maupun tabungan. Kualitas laporan keuangan merupakan ukuran seberapa baik laporan keuangan yang telah disajikan memuat informasi yang benar dan dapat digunakan sebagai pertanggungjawaban manajemen terhadap para stakeholder. Faktor sistem pengendalian internal dan penerapan good corporate governance mampu mempengaruhi kepercayaan masyarakat. Metode penelitian ini yaitu asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data primer yaitu menggunakan kuisioner. Sampel penelitian ini adalah bidang audit, bidang keuangan, bidang kesekretariatan, bidang kepatuhan, dan bidang lainnya BPRS HIK Parahyangan. Analisis data yang digunakan yaitu uji kualitas data, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, asosiatif, dan uji hipotesis dengan alat uji yaitu aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian: (1) Sistem pengendalian internal mempunyai thitung 0,143 < 2,0518 dan signifikan 0,887 > 0,05. Maka, sistem pengendalian internal tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan syariah pada BPRS HIK Parahyangan.(2) Penerapan good corporate governance mempunyai thitung 3,644 > 2,0518 dan nilai signifikan 0,001< 0,005. Maka, penerapan good corporate governance berpengaruh dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan syariah pada BPRS HIK Parahyangan.(3) Secara simultan, sistem pengendalian internal dan penerapan good corporate governance mempunyai fhitung 15,950 > 3,354 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Sehingga sistem pengendalian internal dan penerapan good corporate governance mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan syariah. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen memberikan pengaruh sebesar 54,2% terhadap variabel dependen dan 45,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal; Penerapan Good Corporate Governance; Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nadya Indra Husni
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:04
Last Modified: 07 Sep 2022 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55921

Actions (login required)

View Item View Item