Hubungan keterampilan Metakognitif dengan hasil belajar kognitif pada materi sel

Sintia, Silviana (2022) Hubungan keterampilan Metakognitif dengan hasil belajar kognitif pada materi sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gununug Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKa)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan metakognitif merupakan kemampuan peserta didik untuk mengatur atau mengendalikan proses belajarnya, yang meliputi tiga komponen yaitu perencanaan, pemantauan (monitoring) dan evaluasi. Keterampilan metakognitif merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran yang perlu dimiliki dan diberdayakan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan metakogntif siswa, hasil belajar kognitif siswa serta menganalisis hubungan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi sel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 6 Kertasari pada siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket keterampilan metakognitif, data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dalam bentuk dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata yang diperoleh dari variabel keterampilan metakognitif yaitu sebesar 71,80 dengan kategori Ok (Bagus). Sedangkan nilai rata-rata hasil belajarnya adalah 70,87 dengan kategori baik. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,648 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi sel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampilan Metakognitif;Hasil Belajar Kognitif;Materi Sel
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Silviana Sintia
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:10
Last Modified: 07 Sep 2022 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55910

Actions (login required)

View Item View Item