Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), dan Total Assets Turn Over (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Kalbe Farma Tbk. tahun 2009 - 2021

Widodo, Dhiya Fakhriy (2022) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), dan Total Assets Turn Over (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Kalbe Farma Tbk. tahun 2009 - 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Return On Assets (ROA) atau keuntungan dari laba bersih yang diperoleh perusahaan yang merupakan salah satu gambaran tentang kondisi keuangan suatu perusahaan. Laba yang dihasilkan oleh perusahaan dapat diketahui melalui alat pengukuran analisis laporan keuangan seperti Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), dan Total Assets Turn Over (TATO). Analisis keuangan ini dilakukan agar para pengguna informasi keuangan dapat mengetahui baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), dan Total Assets Turn Over (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan PT. Kalbe Farma Tbk. tahun 2009 – 2021. Untuk menjawab pertanyaan penelitian dapat menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria yang diterapkan, jumlah sampel yang diteliti sebanyak 13 tahun. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang telah terpublikasi dalam laman www.idx.co.id atau website perusahaan www.kalbe.co.id. Teknik analisis data yang digunakan antara lain Analisis Deskriptif, Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji-T, Uji-F, dan Analisis Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 28. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (Uji-T) Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA). Sedangkan Total Assets Turn Over (TATO) berpengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA). Kemudian secara simultan (Uji-F) menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), dan Total Assets Turn Over (TATO) berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Current Ratio; Total Assets Turn Over; Return On Assets
Subjects: General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dhiya Fakhriy Widodo
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:38
Last Modified: 06 Sep 2022 07:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55851

Actions (login required)

View Item View Item