Implementasi PSAK 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Koperasi Syariah Berkah Umat Ciganitri Pondok Pesantren Persis 84 Kabupaten Bandung

Alda, Arni Elsa Siti (2022) Implementasi PSAK 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Koperasi Syariah Berkah Umat Ciganitri Pondok Pesantren Persis 84 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berkah Umat Ciganitri merupakan merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang bergerak pada bidang pembiayaan. LKMS Berkah Umat Ciganitri dituntut menyediakan laporan keuangan sesuai dengan PSAK 101. LKMS Berkah Umat Ciganitri dalam prakteknya baru menyediakan tiga laporan dari 7 laporan keuangan wajib berupa laporan neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Penyajian laporan keuangan syariah di LKMS Berkah Umat Ciganitri, 2) Kesesuaian penyajian laporan keuangan syariah di LKMS Berkah Umat Ciganitri dengan PSAK No. 101. PSAK 101 merupakan standar akuntansi yang digunakan sebagai pedoman dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan syariah di Indonesia. Tujuan dari pernyataan ini adalah mengatur penyajian laporan keuangan entitas syariah untuk dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya dan laporan keuangan entitas syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik penelitian lapangan, wawancara, dan penelitian kepustakaan. Teknik analisis dalam penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, pemilahan data, dan pengambilan kesimpulan dengan membandingkan laporan keuangan di LKMS Berkah Umat Ciganitri dengan PSAK 101. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penyajian laporan keuangan di LKMS Berkah Umat masih belum sesuai dengan PSAK 101. LKMS Berkah Umat Ciganitri belum sepenuhnya menggunakan standar yang ditetapakan oleh dinas koperasi dan hanya menyajikan laporan posisi keuangan atau neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. 2) Penyajian laporan keuangan wajib belum disajikan di LKMS Berkah Umat Ciganitri laporan tersebut seperti laporan rekonsoliasi pendapatan bagi kasil, laporan sumber dan penggunaan dana zakat, laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan serta catatan atas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK 101; Laporan Keuangan Syariah; Lembaga Keuangan Mikro Syariah
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Arni Elsa Siti Alda
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:05
Last Modified: 06 Sep 2022 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55833

Actions (login required)

View Item View Item