Pemberdayaan ekonomi masyarakat petani mangga melalui kelompok tani : Studi deskriptif Kelompok Tani Karya Tani Bakti di Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu

Hasyim, Muhammad (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat petani mangga melalui kelompok tani : Studi deskriptif Kelompok Tani Karya Tani Bakti di Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER (1).pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ASBTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat pertanian di Desa Mangunjaya perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta ikut berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pertanian yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun kelompok tani itu sendiri. Kemudian capaian hasil dari keseluruhan kegiatan program Kelompok Tani dan anggotanya. Landasan teoritis yang digunakan adalah teori Edi Suharto yang berasusmsi pemberdayaan diartikan sebagai sebuah proses dengan mana orang menjadi cukup kuat untuk berpartisipasi dalam berbagai pengontrolan atas, dan mempengaruhi terhadap kejadian-kejadian serta lembaga-lembaga yang mempengaruhi kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, klasifikasi data, verifikasi data kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan yang dilakukan Kelompok Tani Karya Tani Bakti di Desa Mangunjaya dapat dikatakan relatif berhasil. Adapun indikator keberhasilan kelompok ini yakni timbulnya kesadaran masyarakat, meningkatnya penghasilan dari hasil panen, perhatian pemerintah meningkat, dan berjalanya kegiatan secara berkelanjutan dengan inovasi program yang lebih mensejahterakan masyarakat. Dalam konsep pemberdayaan sendiri masyarakat menjalankan konsep pemberdayaan mulai dari penyuluhan, memperkuat sumber daya nggota dan memperkuat jaringan ekonomi dan bantuan. Keberhasilan kelompok tani terwujud mulai dari kemandirian pribadi dalam meningkatkan ekonomi penghasilan usaha pertaniannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pemberdayaan Ekonomi; Kelompok Tani
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Hasyim
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:18
Last Modified: 06 Sep 2022 02:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55817

Actions (login required)

View Item View Item