Pengaruh Quick Ratio (QR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Kalbe Farma Tbk. Periode 2012-2021

Maryam, Tika (2022) Pengaruh Quick Ratio (QR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Kalbe Farma Tbk. Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai pengaruh Quick Ratio (QR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Kalbe Farma Tbk. Quick Ratio merupakan rasio likuiditas untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajibannya dalam jangka pendek. Sedangkan Debt to Asset Ratio termasuk dalam rasio solvabititas yang digunakan untuk mengukur seberapa besar aktiva perusahaan yang dibiayai oleh utang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Quick Ratio (QR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE); mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE); mengetahui dan menganalisis pengaruh Quick Ratio (QR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Kalbe Farma Tbk Periode 2012-2021. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Quick Ratio (QR) berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE), artinya apabila Quick Ratio (QR) naik, maka Return On Equity (ROE) naik, begitupun sebaliknya. Sedangkan Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh negatif terhadap Return On Equity (ROE), artinya jika Debt to Asset Ratio (DAR) naik maka Return On Equity turun, begitupun sebaliknya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Kalbe Farma Tbk Periode 2012-2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikasi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Quick Ratio (QR) berpengaruh negatif signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai < (-7,351< - 1,860). Secara parsial Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai < (-2,443 <- 1,860). Dan secara simultan Quick Ratio (QR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai > (27,047 > 4,737), besarnya pengaruh sebesar 88,5% dan sisanya sebesar 11,5 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Quick Ratio (QR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) ; Return On Equity (ROE)
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Tika Tika Maryam
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:23
Last Modified: 07 Sep 2022 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55793

Actions (login required)

View Item View Item