Pengaruh Rasa Raja' terhadap kecemasan akademik : Studi pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Febriyanti.AK, Riza (2022) Pengaruh Rasa Raja' terhadap kecemasan akademik : Studi pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Adanya perubahan lingkungan dari siswa menjadi mahasiswa, serta tuntutan dan kewajiban yang harus diselesaikan didalam sebuah instansi pendidikan yang ditempu, tidak sedikit mahasiswa baru ditahun pertama mengalami kecemasan akademik. Kecemasan akademik dapat dialami mahasiswa ketika mereka merasakan tegang dan merasakan takut terhadap sesuatu yang mungkin akan terjadi, sehingga dapat mengacu pada terganggunya pola pikir, perilaku serta respon fisik seorang yang menampilkan performa tidak menerima secara baik. Peneliti mengasumsikan rasa raja’ dapat memberikan efek positif kepada seseorang yang merasakan kekhawatiran terhadap sesuatu. Karena dengan adanya rasa raja’ dapat memberikan motivasi, percaya diri dan seseorang tidak mudah putus asa terhadap segala permasalahan yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan yang diberikan oleh rasa raja’ terhadap kecemasan akademik yang dialami oleh mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang dipakai adalah metode asosiatif kausal. Hal ini dikarenakan peneliti ingin mencari pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket kepada subjek penelitian, yaitu mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2021 dengan populasi 140 orang dan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 58 orang. Pengolahan data dalam penelitian ini dibantu dengan aplikasi statistik SPSS IBM Ver 24. Dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dalam penelitian yang telah dilakukan, menghasilkan kesimpulan bahwa sebanyak 35 orang atau dengan persentase 60,3% memiliki tingkat rasa raja’ yang tinggi. Sedangkan sebanyak 29 orang atau dengan persentase 50,0% yang mengalami kcemasan akademik. Dengan analisis yang dilakukan melalui analisis regresi linear sederhana, didapatkan nilai sebesar -0,312. Artinya semakin tinggi tingkat rasa raja’ yang dimiliki mahasiswa, maka semakin berkurang juga kecemasan akademik yang dirasakannya. Adapun nilai determinasi koefisien menunjukkab bahwa rasa raja’ berpengaruh 20,7% terhadap kecemasan akademik, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Maka dari itu, hipotesis yang dirumuskan oleh peneliti dapat diterima yakni terdapat pengaruh yang signifikan yang diberikan oleh rasa raja’ terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Rasa Raja’; Mahasiswa; Kecemasan Akademik
Subjects: Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Riza Febriyanti.AK
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:18
Last Modified: 06 Sep 2022 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55777

Actions (login required)

View Item View Item