Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan jalan tol Cisumdawu di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Ramdani, Diki (2022) Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan jalan tol Cisumdawu di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembangunan infrastruktur jalan tol Cisumdawu perlu melibatkan proses pengalihfungsian lahan dan pembayaran kompensasi. Proses tersebut dapat berpengaruh terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat di Desa Citali yang dilalui oleh Seksi I rute Cileunyi-Rancakalong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses pembangunan jalan tol Cisumdawu di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. 2) Pekerjaan dan pendapatan masyarakat Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang sebelum dan sesudah pembangunan jalan tol Cisumdawu. 3) Arah dan bentuk perubahan sosial ekonomi masyarakat Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang pasca pembangunan jalan tol Cisumdawu. Penelitian ini menggunakan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Parsons menjelaskan fenomena perubahan dalam masyarakat sebagai suatu evolusi dan perubahan senantiasa menuju kearah keseimbangan dengan menjadikan prasyarat Adaptation, Goal Attainment, Integration serta Latency sebagai tumpuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dari hasil observasi non partisipan dan wawancara mendalam serta data sekunder dari hasil kajian pustaka. Teknik analisis data dibagi menjadi tiga tahap yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Lokasi penelitian yaitu di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa yang Pertama, proses pembangunan jalan tol di Desa Citali berlangsung pada tahun 2007 hingga tahun 2020. Hambatan pembangunan jalan tol adalah pengalihfungsian lahan yang akhirnya dapat diselesaikan dengan musyawarah dan pemenuhan hak lainnya. Kedua, petani dan masyarakat yang terelokasi lahan atau rumah tidak beralih pekerjaan dan tidak terdapat peningkatan pendapatan yang signifikan. Sebelum pembangunan jalan tol, masyarakat Desa Citali tidak mempunyai sarana rekreasi dan ekonomi, setelah pembangunan barulah di Desa tersebut terbentuk pasar tumpah yang yang berdampak pada perubahan sosial ekonomi yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan, pendapatan tambahan dan partisipasi masyarakat yang meningkat. Ketiga, perubahan sosial ekonomi masyarakat Desa Citali menuju ke arah kemajuan dari segi fasilitas transportasi yang lebih efektif dan pasar tumpah yang memberikan pekerjaan dan pendapatan tambahan, lalu menuju ke arah kemunduran dari segi kenyamanan lingkungan serta rawan banjir dan longsor di kawasan sungai dan pesawahan. Perubahan sosial ekonomi berjalan lambat jika dilihat dari kondisi sosial ekonomi, lalu perubahan besar terjadi kerena perubahan lingkungan yang berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi dan perubahan telah direncanakan melalui pembangunan dan tidak direncanakan dengan berkembangnya aktivitas ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol Cisumdawu; Pembangunan; Perubahan Sosial Ekonomi;
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Diki Ramdani
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:11
Last Modified: 06 Sep 2022 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55753

Actions (login required)

View Item View Item