Pengaruh mutu jasa layanan pendidikan terhadap kepuasan dan motivasi belajar siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 dan Madrasah Aliyah Swasta Al-Istiqomah Kota Bandung

Nuraeni, Reni (2022) Pengaruh mutu jasa layanan pendidikan terhadap kepuasan dan motivasi belajar siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 dan Madrasah Aliyah Swasta Al-Istiqomah Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

INDOENSIA : Pendidikan merupakan sebuah upaya meningkatkan kualitas hidup manusia yang senantiasa dinamis seiring perkembangan jaman. Itulah sebabnya pendidikan harus mampu memberikan jawaban dan solusi dari permasalahan yang terjadi sejalan dengan semakin tingginya kebutuhan dan tuntutan kehidupan masyarakat. Banyak faktor yang menyebabkan masih rendahnya mutu pendidikan. Salah satunya adalah proses pemberian layanan pendidikan yang masih jauh dari harapan. Terdapat kurang lebih 75% sekolah di Indonesia tidak memenuhi standar pelayanan minimal (SPM). Hal tersebut dikarenakan pemberian layanan pendidikan belum menemukan cara yang paling tepat atau karena penyesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga diduga akan mempengaruhi pada kepuasan dan motivasi belajar siswa. Layanan merupakan persoalan yang serius bagi sebuah lembaga, terutama para manajer pendidikan islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana pengaruh mutu jasa layanan pendidikan terhadap kepuasan dan motivasi belajar siswa di MAN 2 dan MAS Al- Istiqomah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini berjumlah masing – masing 30 responden dari satu madrasah, yang mewakili dari populasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) yang diolah dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa mutu jasa layanan pendidikan memiliki pengaruh terhadap kepuasan siswa di MAN 2 dan MAS Al-Istiqomah Kota Bandung. Hal ini ditunjukan dengan sig t sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) di MAN 2 dan MAS Al- Istiqomah Kota Bandung yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, hasil dari nilai Adjusted R square pada analisis jalur (path) yang menunjukkan nilai pengaruhnya sebesar 35% di MAN 2 dan 33% di MAS Al – Istiqomah. Mutu jasa layanan Pendidikan juga memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil yang sig t sebesar 0,02 (0,02 < 0,05) di kedua madrasah yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dan pengaruh sebesar 12,5% di MAN 2 Kota Bandung dan 12,2%. Sedangkan pengaruh dari kepuasan siswa terhadap motivasi belajar siswa tidak menunjukkan adanya pengaruh, hal ini dibuktikan adanya nilai sig t sebesar 0,295 (0,295 > 0,05) dan 0,354 (0,35 > 0,05) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga tidak adanya variabel intervening dalam penelitian ini. ENGLISH : Education is an attempt to improve the quality of human life which is always dynamic with the times. That is why education must be able to provide answers and solutions to problems that occur in line with the growing needs and requirements of people's lives. Many factors cause the poor quality of education. One of them is the educational service delivery process which is still far from expectations. There are approximately 75% of schools in Indonesia that do not meet the Minimum Service Standard (SPM). This is because the provision of educational services did not find the most appropriate method or because of modifications in the development of science and technology that are suspected to affect student satisfaction and learning motivation. Service is a serious problem for the institution, especially the directors of Islamic education. The purpose of this study is to measure the effect of the quality of educational services on student satisfaction and learning motivation in MAN 2 and MAS Al-Istiqomah Bandung. This research uses quantitative research with survey method. The sample in this study was 30 respondents from one school, each of them representing the population. Data analysis in this study used descriptive analysis and path analysis that was processed using SPSS 25. The results of the study indicated that the quality of educational services had an impact on student satisfaction in MAN 2 and MAS Al-Istiqomah Bandung City. This is indicated by a score of 0.000 (0.000 < 0.05) in MAN 2 and MAS Al-Istiqomah Bandung City, which means that Ho was rejected and Ha accepted. Path effect value is 35% in MAN 2 and 33% in MAS Al-Istiqomah. In addition, the quality of education services also has an effect on students' learning motivation, as evidenced by the significant results of 0.02 (0.02 < 0.05) in both schools, which means Ho reject and Ha accept and the effect is 12 and 5% in MAN 2 Bandung City and 12.2%. While the effect of student satisfaction on student learning motivation shows no effect, this is evidenced by the sig t-value of 0.295 (0.295 > 0.05) and 0.354 (0.35 > 0.05), then Ho is accepted and Ha is rejected. Therefore there is no intervening variable in this study. ARAB : التعليم هو محاولة لتحسين نوعية حياة الإنسان التي تكون دائمًا ديناميكية مع الزمن. لهذا السبب يجب أن يكون التعليم قادرًا على تقديم إجابات وحلول للمشاكل التي تحدث بما يتماشى مع الاحتياجات والمتطلبات المتزايدة لحياة الناس. تتسبب العديد من العوامل في تدني جودة التعليم. أحدها هو عملية تقديم الخدمات التعليمية التي لا تزال بعيدة عن التوقعات. هناك ما يقرب من 75٪ من المدارس في إندونيسيا لا تلبي الحد الأدنى من معايير الخدمة (SPM). وذلك لأن تقديم الخدمات التعليمية لم يجد الطريقة الأنسب أو بسبب التعديلات في تطوير العلوم والتكنولوجيا بحيث يُشتبه في أنها ستؤثر على رضا الطلاب ودوافع التعلم. الخدمة مشكلة خطيرة للمؤسسة ، وخاصة مديري التربية الإسلامية. لذلك فإن الغرض من هذه الدراسة هو قياس مدى تأثير جودة الخدمات التعليمية على رضا الطلاب ودوافع التعلم في MAN 2 و MAS Al-Istiqomah Bandung. يستخدم هذا البحث البحث الكمي مع طريقة المسح. بلغت العينة في هذه الدراسة 30 مستجيباً من مدرسة واحدة ، كل منهم يمثل السكان. استخدم تحليل البيانات في هذه الدراسة التحليل الوصفي وتحليل المسار الذي تمت معالجته باستخدام SPSS 25. وأشارت نتائج الدراسة إلى أن جودة الخدمات التعليمية كان لها تأثير على رضا الطلاب في MAN 2 و MAS Al-Istiqomah Bandung City. يشار إلى ذلك بواسطة علامة 0.000 (0.000 <0.05) في MAN 2 و MAS Al-Istiqomah Bandung City ، مما يعني أنه تم رفض Ho وقبول Ha.تحليل قيمة التأثير 35٪ في MAN 2 و 33٪ في MAS Al-Istiqomah. بالإضافة إلى ذلك ، فإن جودة خدمات التعليم لها تأثير أيضًا على دافع التعلم لدى الطلاب ، ويتضح ذلك من النتائج المهمة التي بلغت 0.02 (0.02 <0.05) في كلا المدرستين ، مما يعني رفض Ho وقبول Ha والتأثير هو 12 و 5٪ في MAN 2 Bandung City و 12.2٪. بينما لا يظهر تأثير رضا الطلاب على دافع تعلم الطالب أي تأثير ، يتضح ذلك من خلال قيمة sig t البالغة 0.295 (0.295> 0.05) و 0.354 (0.35> 0.05) ، ثم يتم قبول Ho ورفض Ha. لذلك لا يوجد متغير متداخل في هذه الدراسة.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Jasa Layanan Pendidikan; Kepuasan; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Reni Nuraeni
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:02
Last Modified: 06 Sep 2022 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55714

Actions (login required)

View Item View Item