Hubungan antara kegiatan menyimak cerita dengan kemampuan berkomunikasi anak usia dini di kelompok B1 RA Mukhlishiina Lahuddiin Cinunuk Bandung

Anggraeni, Ane (2022) Hubungan antara kegiatan menyimak cerita dengan kemampuan berkomunikasi anak usia dini di kelompok B1 RA Mukhlishiina Lahuddiin Cinunuk Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Hasil yang diperoleh berdasarkan studi pendahuluan, terdapat permasalahan yang menarik untuk diteliti, yaitu disatu sisi kegiatan menyimak cerita cukup sering dilakukan dalam proses pembelajaran berlangsung, namun disisi lain kemampuan berkomunikasi anak pada saat berdiskusi seputar cerita belum maksimal dan anak belum mampu menjawab beberapa pertanyaan seputar cerita yang baru saja dibacakan oleh guru. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara tingginya kegiatan menyimak cerita dengan rendahnya kemampuan berkomunikasi anak. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: 1) Realitas kegitan menyimak cerita; 2) Realitas kemampuan berkomunikasi anak usia dini; 3) Realitas hubungan antara kegiatan menyimak cerita dengan kemampuan berkomunikasi anak usia dini di kelompok B1 RA Mukhlishiina Lahuddiin Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis korelasi. Nilai hasil penelitian menunjukkan korelasi antara kegiatan menyimak cerita dengan kemampuan berkomunikasi anak usia dini di kelompok B1 RA Mukhlishiina Lahuddiin Bandung dengan diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,861. Angka koefisien korelasi ini menunjukkan tingkat keeratan hubungan atau korelasi yang sangat kuat. Hasil uji t menunjukkan besar koefisien standar kegiatan menyimak terhadap kemampuan berkomunikasi sebesar 0,861 dengan t-hitung 6,764 dan signifikansi 0,000. Oleh karena koefisien bernilai positif dan signifikansi < 0,05 maka kegiatan menyimak terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi. Mengenai kadar pengaruhnya, sebesar 74,1%, sedangkan sisanya sebesar 25,9% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis hubungan antara kegiatan menyimak cerita dengan kemampuan berkomunikasi anak usia dini, dapat ditarik kesimpulan bahwa, realitas kegiatan menyimak cerita di kelompok B1 RA Mukhlishiina Lahuddiin Bandung ke dalam kategori baik/ BSH (Berkembang Sesuai Harapan) karena berada pada rentang interval 70-79 dengan perolehan jumlah rata-rata 75,39. Realitas kemampuan berkomunikasi anak usia dini di kelompok B1 RA Mukhlishiina Lahuddiin Bandung temasuk ke dalam kategori baik/ BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dengan perolehan nilai rata-rata 75,69 karena berada pada rentang interval 70-79. Untuk hubungan antara kegiatan menyimak cerita dengan kemampuan berkomunikasi anak di kelompok B1 RA Mukhlishiina Lahuddiin Bandung diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,861. Angka koefisien korelasi ini menunjukkan tingkat keeratan hubungan atau korelasi yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Menyimak Cerita; Kemampuan Berkomunikasi; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ane Anggraeni
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:02
Last Modified: 29 Sep 2022 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55691

Actions (login required)

View Item View Item