Tata kelola dana Bantuan Operasional Sekolah dan transparansi anggaran terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Muhajirin Kota Bandung

Fathurrahman, Fathurrahman (2022) Tata kelola dana Bantuan Operasional Sekolah dan transparansi anggaran terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Muhajirin Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Muhajirin Kota Bandung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kinerja guru belum optimal. Hal ini diduga karena kondisi Tata Kelola Dana BOS, dan Transparansi anggaran yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana tata Kelola dana BOS, transparansi anggaran, dan kinerja guru, serta seberapa besar pengaruh tata kelola dana BOS, transparansi anggaran terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Muhajirin Kota Bandung. Penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji, serta mengukur besarnya pengaruh tata kelola dana BOS, dan transparansi anggaran terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Muhajirin Kota Bandung. Dengan landasan teori manajemen, Pengelolaan keuangan, Dana Bantuan Operasional Sekolah, dan teori kinerja, maka dilakukan penelitian kuntitatif melalui metode Survey dengan populasi sebanyak 20 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel penelitian (sampling populations).Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan teknik angket. Analisis data dengan teknik Korelasi Pearson Product Moment dan Korelasi Ganda melalui IBM SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan positif variabel tata kelola dana BOS terhadap kinerja guru dengan hubungan langsung sebesar (0,549)2 yaitu 0,3009. (2) Terdapat hubungan yang signifikan transparansi anggaran terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien regresi linear sebesar 0,491 t-hitung (4,605) > t tabel (3.850) dengan nilai signifikansi t <α (0,000<0,05. (3) Secara simultan kedua variabel bebas terdapat hubungan yang signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien R Square = 0,886 pengaruhnya sebesar 88,6%, sedangkan sisanya sebesar 11,4% ditentukan oleh variabel lain (epsilon) yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola Dana BOS; Transparansi Anggaran; Kinerja Guru
Subjects: General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Education, Research of Management
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fathurrahman Fathurrahman
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:53
Last Modified: 06 Sep 2022 07:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55690

Actions (login required)

View Item View Item