Hubungan antara Tawakal dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang mengalami Quarter Life Crisis : Studi pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Syihani, Agnia (2022) Hubungan antara Tawakal dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang mengalami Quarter Life Crisis : Studi pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover

Download (90kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Quarter life crisis rentan dialami oleh mahasiswa semester akhir dimana individu dipenuhi dengan kecemasan dan kegelisahan mengenai masa depan, mempertanyakan arah dan tujuan hidupnya, serta kepuasan terhadap apa yang sedang dijalani. Apabila tidak ditangani sejak dini hal ini akan membuat kondisi kesejahteraan psikologis mahasiswa semakin tidak baik. Pada sisi lain, peran tawakal akan memberikan energi positif yang memberikan ketenangan dalam diri seseorang. Individu yang lebih dekat dengan Sang Pencipta akan lebih mampu memaknai kehidupannya salah satunya karena segala permasalahan hidup diarahkan kepada Allah swt. sehingga membuat kondisi kesejahteraan psikologisnya tetap baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tawakal dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang mengalami quarter life crisis. Tawakal merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis pada mahasiswa mengalami quarter life crisis. Dampak positif dari tawakal merupakan indikator-indikator dari seseorang yang memiliki kesejahteraan psikologis yang baik, yaitu seperti memunculkan rasa optimis, tidak mudah stres sehingga hal itu memungkinkan individu untuk menjalani hidup mereka dengan cara yang baik.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara Tawakal dengan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa yang Mengalami Quarter Life Crisis. Semakin tinggi seorang mahasiswa menerapkan sikap tawakal, maka akan semakin tinggi kesejahteraan psikologis yang dimiliki seorang mahasiswa untuk dapat menghadapi quarter life crisis.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner kepada sampel penelitian sebanyak 42 responden dari total populasi 143 mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2018 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tawakal dengan kesejahteraan psikologis dan angka korelasi menunjukkan hasil yang positif. Artinya, semakin tinggi sikap tawakal maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis pada mahasiswa. Ditemukan juga bahwa tawakal memiliki kontribusi sebesar 42,25% terhadap kesejahteraan psikologis. Sisanya sebesar 57,75% adalah adanya kontribusi faktor-faktor lain terhadap kesejahteraan psikologis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tawakal; Kesejahteraan Psikologis; Quarter Life Crisis.
Subjects: Psychology
Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Agnia Syihani
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:45
Last Modified: 06 Sep 2022 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55683

Actions (login required)

View Item View Item