Kerja sama guru dengan orangtua dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an siswa : Penelitian di SDIT Qu At-Tartil Kota Sukabumi

Basri, Akbar Nurhasan (2022) Kerja sama guru dengan orangtua dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an siswa : Penelitian di SDIT Qu At-Tartil Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDIT Qu At-Tartil terdapat fenomena bahwa banyak siswa yang hafalan al-Qur'annya menjadi lupa setelah liburan semester usai. Hal ini disebabkan ketika libur sekolah siswa tidak mendapatkan pembelajaran dan pengawasan dari orangtuanya karena banyak orangtua yang belum sadar akan peran dan tanggung jawabnya dalam mendidik anak, terutama pada pembelajaran al-Qur’an. Seharusnya guru dengan orangtua memiliki kerja sama untuk meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran dan tanggung jawab guru dan orangtua dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa. 2) Model-model kerja sama yang dilakukan antara guru dengan orangtua siswa dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa. 3) Kualitas hafalan al-Qur’an siswa dengan diadakannya kerja sama antara guru dengan orangtua siswa di SDIT Qu At-Tartil Sukabumi. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa perlu dijalinnya kerja sama dengan sebaik-baiknya antara guru dengan orangtua dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal ini dikarenakan orangtua dan guru sama-sama memiliki tanggung jawab dalam mendidik anak baik jasmani maupun rohaninya. Dalam hal ini kerja sama antara guru dengan orangtua dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriftif. Teknik pengumpul data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui analisis kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Peran dan tanggung jawab guru yaitu sebagai: Pendidik, korektor, konselor dan motivator. Adapun peran dan tanggung jawa orangtua yaitu sebagai: Pendidik pertama dan utama, motivator, pembimbing, teladan, dan fasilitator. 2) Model-model kerja sama yang dilakukan guru dengan orangtua dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa di SDIT Qu At-Tartil antara lain: Model manajemen, model kolaborasi, dan model reinforcement 3) Kualitas hafalan al-Qur’an siswa dengan diadakannya kerja sama antara orangtua dengan guru di SDIT Qu At-Tartil jika dilaksanakan secara maksimal akan meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa, salah satu bukti konkretnya yaitu banyak siswa yang telah melaksanakan tasmi’ mulai dari 1-5 juz al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kerja Sama; Guru; Orangtua; Meningkatkan; Kualitas; Hafalan.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akbar Nurhasan Basri
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:59
Last Modified: 05 Sep 2022 06:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55680

Actions (login required)

View Item View Item