Strategi manajemen pondok dalam meningkatkan kualitas santri di era globalisasi : Studi deskriptif Pondok Pesantren Al-Ihsan Baleendah Bandung

Aisyah, Ia Siti (2022) Strategi manajemen pondok dalam meningkatkan kualitas santri di era globalisasi : Studi deskriptif Pondok Pesantren Al-Ihsan Baleendah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang sudah berdiri sejak lama di Indonesia yang dikenal dengan system tradisionalnya. Dengan demikian di zaman global seperti ini tentunya pesantren dituntun harus mengikuti kemajuan zaman, dengan meningkatkan kualitas santri. Untuk itu dalam meningkatkan kualitas santri di era globalisasi diperlukan pengelolaan startegi manajemen pesantren yang baik dan ifrastruktur yang memadai. Dengan demikian Ponpes Modern Al-Ihsan Baleendah merupakan salah satu pondok pesantren yang menggunakan infrastrukturnya dengan baik dan menggunakan system pengelolaan startegi manajemen dalam meningkatkan kualitas santri di era globalisasi. Ponpes Modern Al-Ihsan Baleendah merupakan pondok pesantren yang berdiri di bawah naungan Yayasan Miftahul Jannah Baleendah dan pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1989 oleh KH. U. Muhammmad HM dan Hj. Omy Artaty. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen pondok pesantren al ihsan baleendah dalam meningkatkan kualitas santri di era globalisasi. Dengan menerapkan tiga tahapan strategi, dimuali dari formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh David dan David (2015) yang menyatakan bahwa dalama tahapan startegi manajemen ada tiga tahapan yang harus dilakukan yaitu formulasi, implementasi, dan evalusi strategi. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ponpes Modern Al-Ihsan Baleendah memiliki pengelolaan strategi manajemen yang baik dengan menerapkan teori strategi manajemen, pertama formulasi, penerapan formulasi strategi manajemen di Ponpes Modern Al-Ihsan Baleendah di buktikan dengan adanya visi,misi, analisis lingkungan, dan kemudian diterapkan dalam sebuah strategi. Kedua, implementasi strategi yang dibuktikan dengan adanyan program unggulan yaitu program bahasa dan komputerisasi yang bisa meningkatkan kualitas santri di zaman global, kemudian kurikulum yang menggunakan kurikulum gabungan, dan metode pengajaran. Ketiga, evaluasi yang dikukan dengan dua cara, yaitu evaluasi program dan evaluas hasil capaian program dan pelaksanaan kurikulum serta metode pengajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen; Kualitas santri; Era Globalsasi; Pondok Pesantren
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ia SitiI Aisyah
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:36
Last Modified: 14 Sep 2022 04:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55657

Actions (login required)

View Item View Item