Pengaruh literasi dan pendapatan masyarakat terhadap minat berwakaf uang di Bank Syariah Indonesia : Studi pada masyarakat muslim kota Tasikmalaya

Fujiagustina, Restifa (2022) Pengaruh literasi dan pendapatan masyarakat terhadap minat berwakaf uang di Bank Syariah Indonesia : Studi pada masyarakat muslim kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Wakaf uang adalah inovasi baru dalam sistem keuangan islam. Indonesia memiliki potensi wakaf uang yang sangat besar untuk membantu kesejahteraan masyarakat. Namun kurang nya literasi sehingga sedikit masyarakat yang paham bahwa wakaf boleh dalam bentuk uang. Untuk mengetahui minat berwakaf uang perlu diperhatikan keadaan masyarakat dan faktor yang mempengaruhi minat berwakaf uang seperti literasi dan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi terhadap minat berwakaf uang di Bank Syariah, seberapa besar pengaruh pendapatan terhadap minat berwakaf uang di Bank Syariah, seberapa besar pengaruh literasi dan pendapatan terhadap minat berwakaf uang di Bank Syariah. Kerangka berpikir dalam penelitian ini merujuk pada teori Huston yang mengatakan bahwa literasi keuangan sebagai proses mengukur seberapa baik individu dapat memahami dan menggunakan informasi keuangan pribadi, adapaun pendapatan menurut reksoprayitno pendapatan sebagai total penerimaan yang diperoleh pada periode tertentu. Sementara itu minat dapat diukur dengan beberapa faktor diantaranya keinginan, ketertarikan, perhatian dan tindakan. Metode dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 100 responden masyarakat muslim kota Tasikmalaya melalui google form. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Window Version 25 dan Microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahaan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Literasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat berwakaf uang di Bank Syariah Indonesia dengan nilai Thitung sebesar 4,065 > Ttabel sebesar 1,984, dan rsquare sebesar 38,8% (2) Pendapatan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat berwakaf uang di Bank Syariah Indonesia dengan nilai Thitung sebesar 3,731 > Ttabel sebesar1,984, dan rsquare sebesar 52,8% (3) Literasi dan Pendapatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap masyarakat berwakaf uang di Bank Syariah Indonesia dengan nilai signifikansi 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Selain itu jika dilihat dari nilai Fhitung = 24,157 dimana tersebut lebih besar dari Ftabel = 3,09. Besarnya pengaruh literasi dan pendapatan terhadap minat berwakaf uang sebesar 33% dan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi;pendapatan;minat;wakaf uang;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Restifa Fujiagustina
Date Deposited: 05 Sep 2022 00:30
Last Modified: 05 Sep 2022 00:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55631

Actions (login required)

View Item View Item