Pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2020

Ekawati, Listya Putri (2022) Pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan pasar modal dan dunia usaha yang tentunya akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Sehingga setiap perusahaan di pasar modal dituntut untuk meningkatkan nilai perusahaannya. Karena nilai perusahaan merupakan salah satu faktor yang dilihat oleh seorang investor ketika menginvestasikan sahamnya di pasar modal. Variabel struktur modal, profitabilitas dan kebijakan dividen diduga dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini juga dilakukan karena adanya perbedaan hasil antara penelitian sebelumnya dan ketidaksamaan hasil dengan teori.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh struktur modal,profitabilitas, dan kebijakan dividen baik secara parsial maupun simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2020. Penelitian ini menggunakan teori utama bernama signaling theory yang pertama kali dikemukakan pada tahun 1973 oleh Spence. Teori ini memberikan sinyal berupa informasi yang mencerminkan kondisi suatu perusahaan yang berguna bagi investor sebagai bahan pertimbangan dalam berinvestasi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang ditentukan menghasilkan jumlah sampel sebanyak 4 perusahaan. Menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id dan website perusahaan terkait. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, koefisien determinasi dan analisis korelasi menggunakan SPSS versi 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal (DER) secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas (ROA) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen (EPS) secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal, profitabilitas dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Nilai R�Square sebesar 0,665 yang berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 66,5%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal; Profitabilitas; Kebijakan Dividen ; Nilai Perusahaan.
Subjects: Administration of Economy
Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Listya Putri Ekawati
Date Deposited: 05 Sep 2022 00:19
Last Modified: 08 Sep 2022 00:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55610

Actions (login required)

View Item View Item