Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran : Penelitian di SMPIT Insan Teladan Cileunyi dan SMPIT Matahati Nagreg Kabupaten Bandung

Huda, Nenden Najiatul (2022) Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran : Penelitian di SMPIT Insan Teladan Cileunyi dan SMPIT Matahati Nagreg Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text
1_cover.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)

Abstract

Pengelolaan pembiayaan yang baik sebagai salah satu implementasi MBS dapat memperlancar proses belajar mengajar. Keberhasilan penerapan MBS sangat tergantung pada kemampuan kepala sekolah untuk dapat berperan secara aktif dalam pengelolaan sekolah dengan memberdayakan semua komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan sekolah, khususnya dalam memberdayakan masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPIT Insan Teladan Cileunyi dan SMPIT Matahati Nagreg. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif (qualitative research). Pada penelitian ini sumber data diperoleh dari Kepala SMPIT Insan Teladan Cileunyi dan SMPIT Matahati Nagreg, Wakil Kepala Sekolah (Kurikulum) SMPIT Insan Teladan Cileunyi dan SMPIT Matahati Nagreg, Bendahara, Guru SMPIT Insan Teladan Cileunyi dan SMPIT Matahati. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, bendahara, komite, dan guru. Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga cara yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi Adapun teknik penentuan keabsahan data dengan melakukan meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perencanaan yang dilakukan dikedua sekolah tersebut dilaksanakan pada awal tahun dengan melibatkan beberapa pihak, pelaksanaan pembiayaan pada kedua sekolah tersebut dialokasikan berdasarkan perencanaan awal dan dialokasi sesuai dengan kebutuhan kedua sekolah tersebut. Dan evaluasi yang dilaksanakan di akhir tahun menjadi perbaikan dalam penggunaan pembiayaan pendidikan menjadi lebi efektif dan efisien, dan evaluasi dalam pengunaan pembiayaan pendidikan di tahun selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Pendidiakan; Manajemen Berbasis Sekolah; Mutu Pembalajaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nenden Najiatul Huda
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:07
Last Modified: 05 Sep 2022 06:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55608

Available Versions of this Item

  • UNSPECIFIED (deposited UNSPECIFIED)
    • Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran : Penelitian di SMPIT Insan Teladan Cileunyi dan SMPIT Matahati Nagreg Kabupaten Bandung. (deposited 05 Sep 2022 06:07) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item