Pengaruh lingkungan sosial terhadap keputusan masyarakat mengikuti program vaksinasi covid-19 : Studi pada masyarakat RW 06 Kelurahan Kopo Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung

Fauzhia, Diana (2022) Pengaruh lingkungan sosial terhadap keputusan masyarakat mengikuti program vaksinasi covid-19 : Studi pada masyarakat RW 06 Kelurahan Kopo Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa di berbagai sektor kehidupan. Salah satu upaya dalam menangani pandemi covid-19 yaitu melalui program Vaksinasi. Keputusan seseorang mengikuti vaksinasi Covid-19 tentunya dipengaruhi oleh berbagai hal, selain dari dorongan diri sendiri juga dapat dipengaruhi dari lingkungan sosialnya. Peneliti ingin mengetahui lebih dalam apakah lingkungan sosial dapat mempengaruhi keputusan masyarakat dalam mengikuti vaksinasi. Dengan sasaran atau subjek penelitian yaitu Warga RW.06 Kelurahan Kopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan sosial masyarakat RW.06, mengetahui tingkat keputusan masyarakat mengikuti vaksinasi, dan melihat adanya pengaruh lingkungan sosial terhadap keputusan mengikuti vaksinasi pada masyarakat di wilayah RW.06 Kelurahan Kopo Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Behaviorisme dari B.F. Skinner, yaitu teori ini membahas mengenai pemberian stimulus dari luar yang mempengaruhi perilaku individu. Pemberian stimulus dalam penelitian ini dilakukan oleh lingkugan sosial seperti lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, serta untuk mengetahui pengaruh terhadap keputusan masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19. Dalam teori Skinner juga terdapat penguatan positif dan negatif dalam pemberian stimulus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriftif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan Angket/Kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Populasi sebanyak 892 populasi dan dihasilkan 90 Responden. Teknik pengolahan datanya berupa korelasi product moment pearson, regresi linier sederhana, uji t dan determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi antara X dan Y didapat nilai korelasi (r) sebesar 0,678 menunjukkan hubungan yang tinggi. Hasil regresi didapat persamaan regresinya Ŷ = 6,623 + 1,119X dengan signifikansi 0,000. Pengujian menggunakan tingkat signikansi 0,1 dan 2 sisi (α = 10%). Berdasarkan output program SPSS 25, maka didapat nilai thitung sebesar 8,644. Tabel distribusi t dicari pada tabel statistik pada signfikansi 0,1 dengan derajat kebebasan df = n-2 = 88. Hasil yang diperlibatkan pada ttabel sebesar 1,662. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan sebesar 0,000, jika tingkat kesalahan yang digunakan adalah 0,1 atau (10%) maka nilai tersebut 0,000 < 0,1 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa ada pengaruh lingkungan sosial terhadap keputusan mengikuti vaksinasi sebesar 45,9% dan sisanya 54,1% dipengaruhi oleh variabel di luar dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Covid-19; Keputusan; Lingkungan Sosial; Vaksinasi.
Subjects: Social Process > Social Norms
Factors Affecting Social Behaviour
Social Welfare, Problems and Services
Customs of People
Public Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Diana Fauzhia
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:25
Last Modified: 09 Sep 2022 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55516

Actions (login required)

View Item View Item