Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian Quasi Eksperimen terhadap siswa kelas VIII di SMPIT Kharisma Darussalam Karawang

Rifa'i, Muhammad (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian Quasi Eksperimen terhadap siswa kelas VIII di SMPIT Kharisma Darussalam Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa siswa terlihat kurang aktif dan suasana pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan guru cenderung membosankan. Hal tersebut menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Proses penerapan model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPIT Kharisma Darussalam Karawang. 2) Motivasi belajar siswa setelah penerapan model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPIT Kharisma Darussalam Karawang. Penelitian ini didasarkan pada sebagian siswa yang menganggap bahwa pembelajaran agama adalah pembelajaran yang mudah membosankan yang menyebabkan motivasi belajarnya menurun, apalagi jika didukung dengan model pembelajaran yang guru terapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar PAI siswa yaitu model Problem Based Learning. Model Problem Based learning adalah suatu cara dalam mengajar dengan cara menghadapkan siswa kedalam suatu masalah agar dapat dipecahkan atau diselesaikan. Maka dugaan sementara dari seorang peneliti terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Nonequivalen Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMPIT Kharisma Darussalam Karawang dengan jumlah 27 siswa kelas VIII A dan 25 siswa kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar sebagai data utama dengan didukung lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan membandingkan skor rata-rata pretest dan posttest skala motivasi belajar dengan bantuan SPSS 25 For Windows. Hasil penelitian menunjukan: 1) Adanya kenaikan dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa dikarenakan dengan penerapan model Problem Based Learning . 2) Motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki rata-rata skor pretest skala motivasi belajar kelompok eksperimen 45,59, sedangkan rata-rata pretest skala motivasi belajar kelompok kontrol 44,41. Rata-rata skor posttest skala motivasi belajar pada kelas eksperimen 51,04, sedangkan rata-rata skor posttest skala motivasi belajar kelas kontrol 47,19. Dari data tersebut dapat terlihat rata-rata skor posttest skala motivasi belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, yang berarti Ha diterima dikarenakan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning; Motivasi Belajar
Subjects: Education
Education > General Publications of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rifa'i
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:26
Last Modified: 02 Sep 2022 01:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55477

Actions (login required)

View Item View Item