Tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMP Nuruzzaman Cilengkrang-Bandung

Zikrulloh, Muhamad (2022) Tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMP Nuruzzaman Cilengkrang-Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kondisi lingkungan belajar di SMP Nuruzzaman cukup nyaman untuk kegiatan belajar mengajar dan keadaan tersebut mendapatkan tanggapan yang cukup positif dari siswa. Tetapi walaupun lingkungan belajarnya nyaman, disisi lain terdapat siswa yang hasil belajarnya masih ada dibawah nilai rata-rata yakni 75. Terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam itu sendiri. Hal tersebut menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini tersendiri yaitu untuk mengetahui (1) Realitas tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar mereka di SMP Nuruzzaman. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nuruzzaman. (3) korelasi atau hubungan tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nuruzzaman. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar. Berdasarkan asumsi tersebut maka diajukan hipotesis yaitu semakin baik tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar mereka di sekolah maka akan semakin baik pula hasil belajar kognitif siswa di sekolah. Maka dugaan sementara dari seorang peneliti terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar mereka dengan hasil belajar kognitif siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, studi dokumen, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh teknik analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa (1) Tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar berkategori tinggi, rata-rata skor akhirnya sebesar 3,77. Angka tersebut termasuk pada interval [3,40 – 4,19]. (2) Hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nuruzzaman berkategori baik dengan skor rata-rata yaitu 79,31 berada pada interval [70 – 79]. (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar (X) dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Y) berdasarkan perhitungan, analisis koefisien korelasinya sebesar 0,27 berkategori cukup yang berada pada interval [0,26 – 0,50]. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Thitung sebesar 8,531 lebih besar daripada Ttabel 2,052. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Nilai pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat memperolah nilai sebesar 48% dan 52% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa terhadap Lingkungan Belajar; Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: Education
Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Zikrulloh
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:58
Last Modified: 02 Sep 2022 01:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55474

Actions (login required)

View Item View Item