Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Nusaibah Leadership Islamic Boarding School, Cileunyi, Kabupaten Bandung

Rusiandi, Egi (2022) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Nusaibah Leadership Islamic Boarding School, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Kegagalan dan keberhasilan sekolah banyak ditentukan oleh kepala sekolah. Bahkan sangat erat hubungannya antara mutu kepala sekolah dengan berbagai aspek kehidupan sekolah seperti kedisiplinan dan iklim budaya sekolah. Sehingga dibutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Nusaibah Leadership Islamic Boarding School, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisa Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru menurut teori H. Josep Reitz meliputi kepribadian, perilaku atasan, bawahan dan rekan, kebutuhan tugas, dan iklim organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan key informan kepala sekolah dan snowball process kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan para pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki integritas kepribadian yang baik hal ini ditunjukkan diantaranya sangat memperhatikan hal kecil, tanggung jawab, membudayakan kepercayaan, menepati janji, peduli pada kebaikan yang besar, jujur, dan konsiten, Dalam hal perilaku menunjukkan bahwa perilaku atasan senantiasa memberikan keteladanan, Perilaku bawahan juga memunjukkan sangat menghormati kepala sekolah sedang perilaku rekan muncul rasa kekeluargaan saling membantu, mendukung dan berbagi. Mengenai kebutuhan tugas, aktivitas kinerja guru sudah melakukan tugasnya dengan baik, hanya dalam penilaian kerja belum maksimal karena belum dilakukan secara rutin. Dalam hal iklim organisasi sudah kondusif. Semua guru dan siswa berinteraksi dan terlihat hubungan emosional antara guru, siswa dan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Kinerja Guru
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Egi Rusiandi
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:13
Last Modified: 01 Sep 2022 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55445

Actions (login required)

View Item View Item