Pergeseran perilaku sosial mahasiswa selama masa pandemi covid-19 : Penelitian pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Yustika, Diena Mahani (2022) Pergeseran perilaku sosial mahasiswa selama masa pandemi covid-19 : Penelitian pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang sangat signifikan terutama pada pergeseran perilaku sosial mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selama pembelajaran online ini, para pendidik baik dosen maupun mahasiswa harus mampu menghadapi realitas pergeseran pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah. Penelitian ini berfokus pada pergeseran perilaku sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih jauh mengenai bagaimana perilaku sosial mahasiswa sebelum adanya pandemi, apa saja bentuk pergeseran perilaku sosial yang terjadi pada mahasiswa selama masa pandemi COVID-19 dan apa yang melatarbelakangi pergeseran perilaku sosial mahasiswa tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam pendekatan ini Peneliti menjadi sumber instrumen yang mencoba memahami dan menafsirkan makna interaksi antara perilaku manusia dalam situasi tertentu dari sudut pandang Peneliti sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan memahami fenomena sosial tertentu secara terperinci terkait dengan perilaku sosial mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tindakan sosial Max Weber, dari semua tindakan sosial yang dilakukan oleh para mahasiswa tentulah memiliki alasan mengapa individu tersebut melakukan tindakan atau perilaku tersebut dan memiliki makna baik untuk dirinya sendiri dan juga untuk individu disekitarnya. Termasuk pergeseran perilaku sosial yang terjadi pada mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018. Hasil Penelitian yang didapat menyatakan bahwa selama adanya pandemi COVID-19 ini menyebabkan pergeseran perilaku sosial pada mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018. Pergeseran perilaku sosial yang dimaksud adalah bergesernya perilaku dalam berinteraksi dan komunikasi, perilaku belajar, dan perilaku kesehatan. Bergesernya perilaku tersebut dilatarbelakangi oleh faktor internal yaitu berdasarkan tingkat stress mahasiswa dan rasa malas pada diri mahasiswa. Bergesernya perilaku sosial mahasiswa yang dilatarbelakangi oleh faktor eksternal yaitu berdasarkan faktor lingkungan, adanya pandemi COVID-19, serta kurangnya kontrol atau pengawasan yang diberikan oleh dosen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi COVID-19; Perilaku Sosial; Pergeseran
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Diena Mahani Yustika
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:14
Last Modified: 01 Sep 2022 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55428

Actions (login required)

View Item View Item