Pengaruh ukuran Pperusahaan dan umur perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2019-2021

Fadilah, Sipa Nur (2022) Pengaruh ukuran Pperusahaan dan umur perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2019-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Ukuran perusahaan dan umur perusahaan secara teori memiliki hubungan dengan profitabilitas. Ketika ukuran perusahaan semakin besar maka profitabilitas pada suatu perusahaan akan ikut meningkat, begitu pula dengan umur perusahaan semakin lama perusahaan tersebut berdiri maka profitabilitas akan terus meningkat. Namun, beberapa data yang terdapat pada laporan keuangan serta data umur yang di teliti pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) PERIODE 2019-2021 menunjukkan adanya ketidaksesuaian dengan teori tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis; 1) pengaruh ukuran perusahaan terhadap profitabilitas 2) pengaruh umur perusahaan terhadap profitabilitas 3) pengaruh ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada periode 2019-2021. Ukuran perusahaan ditentukan besar atau kecilnya dilihat pada skala yang dapat dibagi oleh perusahaan dengan cara yang berbeda (total aset, ukuran log, nilai pasar, penjualan, dan lain-lain). Umur perusahaan merupakan masa hidup atau siklus hidup suatu perusahaan. Umur perusahaan pada penelitian ini yakni usia sejak perusahaan terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini ialah data sekunder yang didapat melalui website resmi ISSI dan website resmi setiap perusahaan. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis statistik mencakup uji koefesien deskriptif, uji klasik, uji linier regresi linier berganda, uji koefesien determinasi ,uji t dan uji F. Hasil penelitiann menunjukan 1) uji t variabel ukuran perusahaan mempunyai nilai signifikasi sebesar 0,285 sehingga variabel ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas 2) uji t variabel umur perusahaan mempunyai nilai signifikasi sebesar 0,514 sehingga variabel umur perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas 3) uji F dari variabel ukuran perusahaan dan umur perusahaan mempunyai nilai signifikasi sebesar 0,539 sehingga variabel ukuran perusahaan dan umur perusahaan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ukuran perusahaan; umur perusahaan; profitabilitas; saham syariah
Subjects: Accounting
Accounting > Private Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Sipa Nur Fadilah
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:20
Last Modified: 01 Sep 2022 04:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55420

Actions (login required)

View Item View Item