Hubungan antara kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking Sytem (Mobis) dengan kemampuan motorik halus anak usia dini : Penelitian di kelompok B2 RA Mukhlisina Lahuddin Bandung

Nurtiarasani, Yulianti (2022) Hubungan antara kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking Sytem (Mobis) dengan kemampuan motorik halus anak usia dini : Penelitian di kelompok B2 RA Mukhlisina Lahuddin Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait perkembangan kemampuan motorik halus anak usia dini berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok B RA Mukhlisina Lahuddin Bandung, peneliti melihat adanya beberapa anak yang kurang dalam kemampuan motorik halus. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking System dengan kemampuan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking System (Mobis) di Kelompok B2 RA Mukhlisina Lahuddin Bandung; 2) kemampuan motorik halus anak usia dini di Kelompok B RA Mukhlisina Lahuddin; 3) hubungan antara kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking System (Mobis) dengan kemampuan motorik halus anak usia dini di Kelompok B RA Mukhlisina Lahuddin Bandung. Kemampuan motorik halus anak dapat dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking System. Kegiatan tersebut dapat membantu anak dalam kemampuan motorik halus. Berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking System dengan kemampuan motorik halus anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang menghubungkan dengan analisis korelasional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B RA Mukhlisina Lahuddin Bandung Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dengan metode analisis data korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking System (Mobis) kelompok B RA Mukhlisina Lahuddin Bandung yaitu diperoleh pada nilai rata – rata sebesar 45,2 angka tersebut berada pada interval 0 – 49 dengan kategori gagal atau bisa dikatakan belum berkembang. Dan untuk kemampuan motorik halus anak usia dini diperoleh pada nilai rata- rata sebesar 38,2 angka tersebut pada interval 0 – 49 dengan kategori gagal. Hubungan antara kedua variabel ini adalah tidak ada hubungan antara kegiatan menyusun mobis (Motor Skills Blok Interlocking System) antara kemampuan motorik halus anak usia dini di Kelompok B2 RA Mukhlisina Lahuddin Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan koefisiensi korelasi (r) sebesar (-0,78) angka tersebut berada pada interval 0,000 – 0,199 dengan ketegori sangat rendah. Hal ini juga ditunjukan oleh hasil pengujian hipotesis diperoleh harga t hitung sebesar -7,58 dan t tabel dengan db= 15 pada taraf signifikan 5% sebesar 2,13. Dengan demikian, Ho diterima dan Ha ditolak dengan kata lain kegiatan menyusun Motor Skills Blok Interlocking System tidak memiliki hubungan yang signifikan antara kemampuan motorik halus anak usia dini di Kelompok B RA Mukhlisina Lahuddin Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motor Skills Blok Interlocking Sytem (Mobis); Kemampuan Motorik Halus; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yulianti Nurtiarasani
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:37
Last Modified: 31 Aug 2022 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55348

Actions (login required)

View Item View Item