Pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasi eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Ciomas Kab. Bogor

Surachman, Muhammad Hilmi Mutaqin (2022) Pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasi eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Ciomas Kab. Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa hasil belajar kognitif beberapa siswa berada dibawah standar yang ditetapkan sekolah. Perhatian siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam dianggap kurang baik dengan melihat pembelajaran di kelas, siswa terlihat kurang tertarik dengan suasana pembelajaran yang disampaikan oleh guru, yang berimbas pada hasil belajar siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 1 Ciomas. (2) Hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode brainstorming dengan yang tidak menggunakan di kelas X SMA Negeri 1 Ciomas pada mata pelajaran PAI. (3) Sejauh mana pengaruh penggunaan metode brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Negeri 1 Ciomas pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran. Berdasarkan asumsi tersebut maka diajukan hipotesis yaitu semakin tepat metode yang digunakan guru maka akan semakin baik hasil kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Maka dugaan sementara dari peneliti terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dengan Nonequivalent Group Desaign. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh teknik analisis statistiaka deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa (1) Penerapan metode brainstorming pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 1 Ciomas berjalan dengan baik pada setiap tahapannya. (2) Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dengan diterapkan metode brainstorming di SMA Negeri 1 Ciomas memiliki rata-rata skor posttest hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen 83.48, sedangkan rata-rata skor posttest hasil belajar kognitif kelas kontrol 75.43. (3) Pengaruh penerapan metode brainstorming terhadap hasil belajar kognitif memperoleh mean rank 45.44, terdapat perbedaan dengan kelas kontrol yang memperoleh mean rank 24.19. Diperjelas dengan Uji Mann Whitney dengan hasil Asymp. Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Brainstorming; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hilmi Mutaqin Surachman
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:38
Last Modified: 31 Aug 2022 02:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55340

Actions (login required)

View Item View Item