Hubungan tunjangan kinerja dengan kinerja Kepala Urusan Tata Usaha di Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten Ciamis

Maulikhotin, Wulan (2022) Hubungan tunjangan kinerja dengan kinerja Kepala Urusan Tata Usaha di Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Tenaga kependidikan salah satu sumber daya manusia yang utama dalam lembaga juga sebagai bagian dari perangkat madrasah, maka semakin baik kinerja tenaga kependidikan dapat memberi dampak baik pula pada hasil pendidikan. Tenaga kependidikan juga berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan, dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 yang menjelaskan mengenai sistem pendidikan nasional pasal 1 ayat 5 tenaga kependidikan ialah salah satu sumber daya manusia yang dapat menunjang penyelenggaraan pendidikan, dalam hal ini maka harus terus melakukan peningkatan kinerja agar lembaga semakin memiliki mutu yang lebih baik lagi. Meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan harus memiliki strategi sebagai stimulus, salah satu konsep dalam manajemen sumber daya manusia yang menjadi langkah stategis ialah konsep tunjangan atau kompensasi, hal ini menjadi imbalan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dari prestasi atau kinerjanya dalam bekerja. Dalam pengelolaan data pendidik dan tenaga kependidikan sudah melalui sistem. Sistem ini sebagai aplikasi yang mempermudah berbagai pendataan termasuk data tunjangan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan madrasah. Sumber daya manusia di Madrasah Kabupaten Ciamis belum terampil dalam menginput data tunjangan kinerja pada sistem manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga masih menggunakan data berbentuk format excel, hal ini muncul masalah seperti kurangnya keahlian pegawai dalam penggunaan aplikasi yang telah disediakan untuk pengelolaan data tunjangan kinerja dan kurangnya keahlian dalam menggunakan teknologi sehingga belum optimalnya kinerja kepala urusan tata usaha dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tunjangan kinerja di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Ciamis; (2) Mendeskripsikan dan menganalisis kinerja kepala urusan tata usaha di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Ciamis; (3) Mendeskripsikan dan menganalisis hubungan tunjangan kinerja dengan kinerja kepala urusan tata usaha di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Tunjangan kinerja di MTs Negeri se-Kabupaten Ciamis, berada pada kategori tinggi dari hasil pengolahan data 34 responden sebesar 4,37; (2) Kinerja kepala urusan tata usaha di MTs Negeri se-Kabupaten Ciamis, berada pada kategori tinggi dari hasil pengolahan data 34 responden sebesar 4,48; (3) Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikasi tunjangan kinerja dengan kinerja kepala urusan tata usaha madrasah diperoleh 0,000. Lalu, hasil perhitungan korelasi antara X dan Y, diperoleh angka sebesar koefisien korelasi positif sebesar 0,592. Tingkat kekuatan hubungan tunjangan kinerja dengan kinerja kepala urusan tata usaha madrasah sebesar 0,592, maka dapat diinterpretasikan dengan koefisien masuk pada kategori 0,51 – 0,75 yang artinya terdapat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tunjangan Kinerja; Kinerja; Kepala Urusan Tata USaha
Subjects: Education
Education > Sociology of Education
Secondary Education > Lower Level Secondary School
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wulan Maulikhotin
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:30
Last Modified: 31 Aug 2022 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55335

Actions (login required)

View Item View Item