Resepsi terhadap penafsiran An-Nabhani tentang ayat-ayat pengaturan hubungan pria dan wanita dalam buku An Nizhamul Ijtima'i : Studi kasus terhadap anggota HTI di Bogor

Habibah, Nabila Nurul (2022) Resepsi terhadap penafsiran An-Nabhani tentang ayat-ayat pengaturan hubungan pria dan wanita dalam buku An Nizhamul Ijtima'i : Studi kasus terhadap anggota HTI di Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi Nabila Nurul Habibah.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_BAB I.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai permasalahan pergaulan, data dari kemenkes menunjukan yang terjadi saat ini sekitar 6 dari 10 responden remaja laki-laki yang pernah memiliki pasangan seksual pra-nikah dan mengalami Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) mengatakan kehamilan tersebut diaborsi secara sengaja maupun spontan. Sedangkan persentase kasus AIDS sebanyak 3,1% pada kelompok umur 15-19 tahun dan 32,9% pada kelompok umur 20-29 tahun. Padahal Islam adalah sebuah agama yang didalamnya terdapat aturan-aturan terperinci, salah satunya dalam sistem pergaulan. Maka dari itu penelitian ini membahas tentang bagaimana Islam mengatur pergaulan antara laki-laki dan perempuan dari sudut pandang syeikh Taqiyuddin An-Nabhani, serta bagaimana para anggotanya me-resepsi pemikiran tersebut sampai pada tahap pengaplikasian. Hizbut Tahrir merupakan organisasi yang sempat ramai karena memiliki pemikiran yang cukup berbeda dangan yang lain. Hizbut Tahrir berdiri sejak tahun 1953, sampai dengan tahun 2013, Hizbut Tahrir telah berdiri di 48 (empat puluh delapan) negara, baik di negara Islam/Muslim (Kazaktan, Uzbekistan, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Sudan, Aljalzair, Libya, Iran, Irak, Malaysia dan Indonesia). Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif karena semua data yang diperoleh dalam bentuk hasil interview dan tatap muka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian berdasarkan studi kasus living Qur’an. Dengan menggunakan teori resepsi Marris dan Tornham didapatkan hasil resepsi anggota HTI Bogor bahwa sebanyak enam orang domination, atau meresepsi pemahaman dan sudah dapat diterima serta dijalankan sepenuhnya dalam kehidupan sehari-hari. Dan ada tujuh orang negotiated reading, yang artinya ia menerima pemikirannya, tapi tidak melaksanakan dengan seutuhnya. Ada modifikasi dalam pengaplikasiannya dikarenakan adanya situasi dan kondisi yang tidak bisa memaksakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Resepsi; Pergaulan; Hizbut Tahrir
Subjects: Ethics of Social Relations
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tafsir Hadits
Depositing User: Nabila Nurul Habibah
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:54
Last Modified: 30 Aug 2022 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55309

Actions (login required)

View Item View Item